Review Process

Double Blind Review Policy

Semua makalah yang diserahkan kepada JEBDEKER menjalani proses tinjauan double blind yang ketat di mana identitas reviewer dan penulis tidak diungkapkan satu sama lain untuk memastikan review independen dan menghindari konflik kepentingan.

 

Durasi ulasan dan publikasi

Durasi JEBDEKER dalam melakukan peninjauan artikel ilmiah adalah 4-5 Minggu, yakni:

1. Tinjauan artikel ilmiah disaring oleh editor dan disampaikan kepada editor in chief. Tugas di sini termasuk memeriksa format penulisan, kesesuaian studi dengan cakupan dan tujuan jurnal.

2. Artikel ilmiah yang lolos tahap pertama akan dikirim kepada 2 reviewer yang ahli dalam fokus penelitian (skop penelitian) untuk memeriksa mengenai orisinalitas, kontribusi, kesesuaian alur diskusi, dan referensi yang dikutip dalam penelitian ini.

3. Editor menerima hasil dari reviewer apakah diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi, atau ditolak. Apabila direvisi atau ditolak maka reviewer wajib memberikan masukan atau penjelasan.

4. Author menyampaikan keputusan melalui website jurnal JEBDEKER apakah diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi, atau ditolak. Apabila diterima dengan revisi maka diberikan waktu maksimal 15 hari setelah artikel ilmiah dikirim. Apabila diterima maka editor memberikan latter of assessment kepada penulis.