Penguatan Ekonomi Desa Melalui Pengembangan Halal Tourism Berbasis One Village One Product (OVOP)
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v3i1.147Keywords:
Halal Tourism, One Village One Product (OVOP), Penguatan Ekonomi DesaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan halal tourism berbasis one village one product dalam rangka meningkatkan perekonomian desa pada Desa Wisata Terban. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh melalui indepth interview dan participant observaction serta data sekunder diperoleh dari laporan serta dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulation meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Metode analisis menggunakan analisis kualitatif oleh Miles dan Huberman meliputi tahap reduksi data (reduction), penyajian data (display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasilnya menunjukkan Desa Wisata Terban memiliki potensi destinasi unggulan berupa Situs Purbakala Patiayam, Sendang Pengilon, Roemah Jadoel, Gardu Pandang dan Patiayam Adventure. Setiap destinasi wisata memiliki distingsi komponen wisata berupa Attractions, Amenities, Accessibilities, Hospitality yang memperkuat keunggulan kompetitif dari setiap destinasi. Mendasarkan pada prinsip local but global (menggunakan dasar lokal tetapi mempunyai pandangan luas untuk mewujudkan globalisasi), self reliance and creativity (mendasarkan kemandirian, inisiatif dan kreativitas), human resource and development (mengembangkan SDM agar lebih mandiri dan kreatif) masyarakat, pemerintah maupun swasta bersama mewujudkan halal tourism baik pada sisi produk makanan, penginapan maupun biro perjalanan.