Logo Jebdeker

Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat di Klinik Pratama Arsyfa 3 (Jalan Haji Bakar, Utama, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat)

Authors

  • Allya Fatma

    Program Studi Manajemen, Universitas Teknologi Digital, Bandung
  • Fransiska Agustina

    Program Studi Manajemen, Universitas Teknologi Digital, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v5i1.295

Keywords:

Waktu Tunggu, SPM Obat Resep

Abstract

Waktu tunggu yang lama dalam pelayanan kesehatan dapat berdampak negatif terhadap kepuasan pasien dan mutu pelayanan kesehatan masyarakat. Pelayanan kefarmasian memegang peranan penting dalam memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar kefarmasian yang berlaku saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi waktu tunggu pelayanan obat resep dan menilai kesesuaian waktu tunggu tersebut dengan standar pelayanan waktu tunggu Klinik Pratama Arsyfa 3. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi kualitatif dan wawancara mendalam terkait menunggu obat resep. Materi juga disajikan dalam bentuk dokumentasi foto untuk menjelaskan hasil akhir penelitian. Hasil perhitungan menunjukkan rata-rata waktu tunggu pada pelayanan resep gabungan adalah 10 menit, sedangkan pada pelayanan resep gabungan adalah 5 menit. Kedua rata-rata waktu tunggu tersebut telah memenuhi standar waktu tunggu minimal (SPM) pelayanan resep rumah sakit, yakni waktu tunggu pelayanan resep kombinasi ≤ 60 menit, waktu tunggu resep non kombinasi ≤ 30 menit.

References

Afqary, M. D. (2018). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Racikan Poli Spesialis Anak Pasien Bpjs Di

Alrasheedi, A. M. (2019). The Assosiation Between Wait Times and Patient Satisfaction. Primary Health Centers in the Kingdom of Saudi Arabia.

Fahrurazi, F. E. (2022). Factors affecting waiting time in Outpatient Pharmacy at Hospital Raja Perempuan Zainab II (HRPZ II). Journal of Pharmacy, 1-7.

Meila, O. J. (2020). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS X. Jurnal Ilmu Kefarmasian , 37-39.

Rumah Sakit Medika Dramaga Bogor. Jurnal Farmamedika, 68-72.

Tisa Amalia, d. D. (2021). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Berdasarkan . Jurnal Ilmu Kefarmasian, 2-9.

Toreh, E. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Farmasi Kategori Lama Waktu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Advent Manado. Pharmacon, 318-324.

Wulandari, L. H. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas X Kota Jambi. Journal Ilmiah, 265-259.

Downloads

Published

2024-12-31