Technology Acceptance Model : Mediasi Niat pada Cashback dan Web Quality Berpengaruh Keputusan Pembelian?
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v5i1.333Keywords:
Cashback, Web quality, Technology Acceptance ModelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel cashback dan variabel web quality pada penyedia e-commerce khususnya Shopee terhadap keputusan pembelian baik secara langsung maupun tidak langsung dengan mediasi minat beli melalui kerangka analisis teori Technology Acceptance Model (TAM). Studi ini perlu dikaji karena adanya fenomena bisnis penurunan angka pengguna yang dialami semua penyedia e-commerce di Indonesia kecuali Shopee dibandingkan Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan mahasiswa di Surakarta terkhusus pada mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan 49 responden kemudian diolah menggunakan software Smart PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini secara parsial mengungkapkan bahwa variabel cashback dan variabel web quality tidak berpengaruh secara signifikan pada minat beli, sedangkan minat beli berpengaruh pada keputusan pembelian pelanggan. Temuan lain pada penelitian ini yakni secara tidak langsung variabel web quality bisa berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian apabila dimediasi oleh variabel minat beli. Rekomendasi penelitian ini yakni penyedia e-commerce perlu upaya mendorong angka minat beli yang diimbangi dengan peningkatan web quality dalam rangka menghasilkan keputusan pembelian riil.
References
Adi Ahdiat. (2024). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2024/01/15/5-e-commerce-dengan-pengun jung-terbanyak-sepanjang-2023 diakses pada 12 Juni 2024
Al-Emran, M., & Granić, A. (2021). Is It Still Valid or Outdated? A Bibliometric Analysis of The Technology Acceptance Model and Its Applications From 2010 to 2020. In Recent Advances in Technology Acceptance Models and Theories.
Alghifari, A. Y., & Rahayu, T. S. M. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Shopee: Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.
ALharits, S. Z., & Wahyono, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Private Label pada Super Indo Supermarket Cabang Kelapa Dua. Jurnal Manajemen, 7(1), 10–20. https://doi.org/10.54964/manajemen.v7i1.235
Andriani, L. A., & Harti. (2021). Pengaruh Emosi Positif, Potongan Harga, dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Ekonomi Unmul, 23(3), 454–462.
Athallah, M. A., & Kraugusteeliana, K. (2022). Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis. CogITo Smart Journal, 8(1), 171–182. https://doi.org/10.31154/cogito.v8i1.374.171-182
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. In Metode Penelitian Pendidikan Matematika.
Darmanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli, Institut Teknologi dan Bisnis Asia. 20–33.
Deliana, N. (2022). Pengaruh Kualitas Website dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Shopee. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 358–369. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.377.
Farrasari, W. R., & Amaliah, I. (2023). Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Minat Masyarakat Kota Bandung dalam Berbelanja Produk Fashion di E-Commerce Shopee. Bandung Conference Series: Economics Studies, 3(1), 238–245. https://doi.org/10.29313/bcses.v3i1.7083
Febrianti, D., & Hidayat, A. (2022). Effect of Information Quality, Social Psychological Distance, and Trust on Consumer Purchase Intentions on Social Commerce Shopee. Archives of Business Research, 10(1), 158–172. https://doi.org/10.14738/abr.101.11615.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. UNDIP Press.
Hasanov, J., & Khalid, H. (2015). The Impact of Website Quality on Online Purchase Intention of Organic Food in Malaysia: A WebQual Model Approach. Procedia Computer Science, 72, 382–389. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.153
Indarto, A. F., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli Iphone di Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah, 4(4), 1258–1266. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i4.919
Khoirunnisa, S., Syarief, N., & Supriadi, Y. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Nivea. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 2(1), 240–259. https://doi.org/10.53363/buss.v2i1.90
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568
Kurniawan, J. (2021). Faktor Cashback dalam Penggunaan Fitur Pembayaran Go-Pay Melalui Aplikasi Go-Jek di Burger King Central Park. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 4(1), 12–16.
Margarena, A. N., Malina, M. H., & Arum, M. P. (2023). Conversion Rate: Digital Analytics on Online Food Delivery Platform Customers. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 11(2), 160–169. https://doi.org/10.30871/jaemb.v11i2.6446
Muhson, A. (2022). Analisis Statistik dengan SmartPLS. In Universitas Negeri Yogyakarta.
Munawar, N. A., & Mahaputra, M. R. (2022). Influence of Cashback Promotion, E-Service Quality, Customer Satisfaction on Reuse Interest. Available Online: Https://Dinastirpub.Org/DIJMS, 3(4), 742–751.
Nurdewi. (2022). Implementasi Personal Branding Smart Asn Perwujudan Bangga Melayani di Provinsi Maluku Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 297–303. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.235
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188.
Octavia, D., & Tamerlane, A. (2017). The Influence of Website Quality on Online Purchase Intentions on Agoda.Com with E-Trust as a Mediator. Binus Business Review, 8(1), 9. https://doi.org/10.21512/bbr.v8i1.1680
Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Manajemen Pemasaran). JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 660–669.
Permana, A. I. (2020). Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak. Ekonomi Bisnis, 25(2), 94–109. https://doi.org/10.33592/jeb.v25i2.422
Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46.
Putri, S. I., Yulianti, E., Saputra, G. G., & Ningrum, H. F. (2022). Faktor Penentu Minat Beli Konsumen Melalui E-Commerce Berbasis Marketplace. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 14(1), 29–40. https://doi.org/10.30630/jipb.v0i0.734
Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425–444.
Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone : Harga dan Promosi. 3(1), 301–313.
Setyawan, A. R. T. (2022). Implementasi Artificial Intelligence Marketing pada E-Commerce : Personalisasi Konten Rekomendasi Serta Dampaknya Terhadap Purchase Intention. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(12), 5385–5392. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i12.2039
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Sudiantini, D., Diniyah, I., Andreas, R., Setiawan, A., & Diah Puspita, A. (2023). Pengaruh Program Cashback Terhadap Minat Beli Konsumen di E-Commerce. Neraca Manajemen, Akuntansi Ekonomi, 1.
Superwiratmi, & Pramono, E. (2022). Komunikasi Internal Department Front Office di Hotel Moxy Bandung. Jurnal Pariwisata Vokasi, 3(2), 20–36.
Supiyandi, A., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2022). Influence of Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, and Brand Loyalty of Shopee on Consumers’ Purchasing Decisions. CommIT Journal, 16(1), 9–18. https://doi.org/10.21512/commit.v16i1.7583
Teresha, C., Fazri, A., & Musnaini. (2022). Pengaruh Diskon, Voucher, Dan Cashback Terhadap Minat Konsumen Menggunakan Pembayaran Elektronik Shopeepay. Jurnal Dinamika Manajemen, 10(1), 20–27.
Varreldiazka, G., Syarief, N., & Supriadi, Y. N. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nike. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 2(3), 691–704. https://doi.org/10.53363/buss.v2i3.92
Walga, R., & Siregar, O. (2023). The Effect of Cashback and Free Shipping, Customer Satisfaction, and Product Diversity on Consumer Buying Interest in Marketplace: Study on University of Sumatra Utara Students Using Tokopedia, Shopee, and Bukalapak. ICOSOP; 2022, 63–68. https://doi.org/10.5220/0011510600003460
Wicaksono, S. R. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model (Issue December 2022). https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254
Yamin, S. (2022). SmartPLS 3, Smart PLS4, Amos & Stata. In PT Dewangga Energi Internasional.