Logo Jebdeker

Pemanfaatan E-Wom dalam Media Sosial Sebagai Sarana Promosi STIE Surakarta

Authors

  • Satria Veriansyah

    a:1:{s:5:"en_US";s:40:"Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)";}
  • Anton Agus Setyawan

    Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Sholahuddin

    Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v3i2.166

Keywords:

e-WoM, komunikasi, promosi

Abstract

Media sosial merupakan salah satu sarana komunikasi yang makin banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Kemudahan, kecepatan, komunikasi dua arah, serta harga yang terjangkau merupakan beberapa kelebihan utama komunikasi melaui media sosial. Konsumen mengubah peran mereka dari penerima pasif atas pesan-pesan atau iklan pemasaran menjadi pemasok informasi yang aktif.

Komunikasi di antara para konsumen yang terjadi di dunia maya secara daring disebut sebagai komunikasi electronic word of mouth (e-WoM). Komunikasi e-WoM merupakan bagian integral dari e-commerce. Dengan pertumbuhan pengguna internet yang sangat pesat serta penerimaan para pengguna media sosial atas e-WoM untuk mendapatkan informasi produk—baik berupa barang maupun jasa—maka, penting meneliti faktor-faktor apa saja yang membuat e-WoM menjadi media komunikasi dan iklan produk yang efektif.

Artikel ini mendeskripsikan dan menganalisis peran e-WoM sebagai media komunikasi dan sarana promosi untuk memengaruhi keputusan masyarakat untuk mendaftar menjadi mahasiswa di STIE Surakarta periode 2022.

 

Kata Kunci: e-WoM, komunikasi dan promosi.

References

Anderson, C. (2004). The Long Tail. San Francisco, CA: Wired.
Bowen & Gordon. (2014). Computer-Mediated Marketing Strategies: Social Media and Online Brand Communities. Hershey, PA: IGI Global.
Breazeale, M. (2009). “Word of Mouse: An Assessment of Electronic Word of Mouth Research” dalam International Journal of Market Research, 51 (3), hlm. 297-318.
Cheung, C. M., & Thadani, D. R. (2012). “The Impact of Electronic Word-of-Mouth Communication: A Literature Analysis and Integrative Model”, dalam Decision Support Systems, 54 (1), hlm. 461–470.
Cheung, M., Luo, C., Sia, C., & Chen, H. (2009). “Credibility of Electronic Word-of-Mouth: Informational and Normative Determinants of Online Consumer Recommendation” dalam International Journal of e-Commerce, 13 (4), hlm. 9-38.
Cheung, M. K. (2005). “Literature Derived Reference Models for the Adoption of Online Shopping” dalam Information & Management, 42 (4), hlm. 543–559.
Chevalier, J. A., & Mayzlin, D. (2006). “The Effect of Word of Mouth on Sales: Online Book Reviews” dalam JMR: Journal of Marketing Research, 43 (3), hlm. 345–354.
Creswell, John C. (2014), Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daugherty and Hoffman, (2017), “Peran E-WOM dalam Media Sosial di Indonesia,” dalam bbs.binus.ac.id tanggal 5 September 2017.
Dellarocas. (2003). “The Digitization of Word of Mouth: Promise and Challenges of Online Feedback Mechanisms” dalam Management Science, 49, hlm. 1407–1424.
Duan & Whinston. (2008). “Do Online Reviews Matter? An Empirical Investigation of Panel Data” dalam Decision Support System, 45 (4).
Fernando, F., & Whitelock, J. (2007). International Advertising Strategy: The Standardisation Question in Manager studies” dalam International Marketing Review, 24 (5), hlm. 591–605.
Goldsmith, R. E. (2006). Electronic Word-of-Mouth. In Encyclopedia of E-Commerce, E-Government and Mobile Commerce. Hershey, PA: Idea Group Publishing.
Goldsmith, R. E., & Horowitz, D. (2006). “Measuring Motivations for Online Opinion Seeking” dalam Journal of Interactive Advertising, 6 (2), hlm. 2–14.
Hardiman, F. Budi (2021). Aku Klik Maka Aku Ada: Manusia dalam Revolusi Digital. Yogyakarta: Kanisius.
Hardin, Russell (2002). Trust and Trustworthiness. London: Russell Sage Publication.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). “Electronic Word‐of‐Mouth via Consumer‐Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?” dalam Journal of Interactive Marketing, 18 (1), 38–52.
Kotler, P., & Keller, K. (2014). Marketing Management (15th ed.). Prentice Hall.
Kucuka, S. U., & Krishnamurthy, S. (2007). “An Analysis of Consumer Power on the Internet” dalam Technovation, 27 (1-2), hlm. 47–56.
Menkveld, B. (2013). Exploring Credibility in Electronic Word of Mouth (Master’s thesis). University of Twente.
Moleong, Lexy J. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Naisbitt, John. (1998). High Tech High Touch. Bandung: Mizan.
Neumann, M. (2015). What Does the Research Tell Us about Word-of-Mouth Communication?: A Literature Review. University of Rostock.
Park, C., & Lee, T. M. (2009). “Park Information Direction, Website Reputation and e-WoM Effect: A Moderating Role of Product Type’, dalam Journal of Business Research, 62 (1), hlm. 61–67.
Piliang, Yasraf Amir (2018), Medan Kreativitas: Memahami Dunia Gagasan. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.
Saremi, H. Q. (2014). Effectiveness of Electronic Word of Mouth Recommendations (Ph.D thesis). Ontario, AS: McMaster University.

Downloads

Published

2023-06-08

Issue

Section

Articles