Pengaruh Perubahan Nama Menu dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Mie Gacoan di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v3i2.172Keywords:
Perubahan Nama, Sertifikasi Halal, Mie GacoanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh renaming dan sertifikat halal terhadap keputusan pembelian ulang Mie Gacoan di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah survei terhadap beberapa responden konsumen Mie Gacoan di Kota Bandung dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa renaming dan sertifikat halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang Mie Gacoan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi renaming dan pemberian sertifikat halal dapat meningkatkan keputusan pembelian ulang konsumen terhadap produk Mie Gacoan. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi perusahaan Mie Gacoan dalam mengembangkan strategi branding dan pemasaran produk mereka. Selain itu, hasil penelitian ini juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi pelaku usaha lainnya yang bergerak di sektor makanan dan minuman di Indonesia mengenai pentingnya strategi branding dan pemberian sertifikat halal dalam meningkatkan keputusan pembelian ulang konsumen.
References
Ariano, M. (2018). Pengaruh Rebranding dan Repositioning Terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia. CALYPTRA, 6(2), 1452-1461.
Aryani, Y. (2020). Sistem Informasi Penjualan Barang Dengan Metode Regresi Linear Berganda Dalam Prediksi Pendapatan Perusahaan. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 2(2), 39-51.
Dwiyanti, E., Qomariah, N., & Tyas, W. M. (2018). Pengaruh persepsi kualitas, nama merek dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2).
Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji normalitas data omzet bulanan pelaku ekonomi mikro desa senggigi dengan menggunakan skewness dan kurtosi. Jurnal Varian, 2(1), 31-36.
Faiza, S. N. (2021). Penolakan Sertifikasi Label Halal MUI Surabaya pada Produk “Mie Setan” Perspektif Hukum Islam dan Undang-Undang No 33 Tahun 2014. Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 11(2), 260-281.
Firdaus, F., & Pradipta, A. (2021). Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus Pada Bisnis Bubur Ayam Renyah. Jurnal Administrasi Bisnis, 90(1), 37-45.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424.
Hana, P., Rusliyawati, R., & Damayanti, D. (2019). Pengaruh Media Richness Dan Frequently Update Terhadap Loyali Tas Civitas Akademika Perguruan Tinggi. Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 7-10.
Handayani, P. P., & Wahyuningsih, T. H. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital, Citra Produk, dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan di Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 237.
Hanifah, L. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen di Toko Online Fashion MatahariMall. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 10(1), 45-55.
Irawati, R., Sudaryanto, A., & Daryanto, A. (2019). The Role of Halal Certification on Increasing Export of Halal Products. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 334(1), 012140.
Kotler, P. dan Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kusumawardani, B. H., & Achsa, A. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MIE GACOAN MAGELANG. TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, 3(1), 148-161.
Maulana, I. A. (2020). Faktor-faktor yang mepengaruhi Agresivitas pajak pada perusahaan properti dan real estate. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 155-163.
Maulana, M. R. (2023). ANALISIS LABELISASI PADA PRODUK MAKANAN BERDASARKAN UNDANGUNDANG NOMOR 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL (Studi di Outlet Mie Gacoan Cabang Tlogomas, Kota Malang). Dinamika, 29(1), 7251-7274.
Melinda, V., Velicia, V., Lau, K., & Khairani, R. (2021). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan Dan Tingkat Suku Bunga terhadap Penyaluran Kredit Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 34-41.
Prasasti, G. A., & Maisara, P. (2022). Pengaruh Fasilitas, Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Di Solo Raya. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(2), 276-288.
Purwadi, P., Ramadhan, P. S., & Safitri, N. (2019). Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), 18(1), 55-61.
Salsabila, A., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 156-167.
Setyaningsih, E. D., & Marwansyah, S. (2019). The effect of halal certification and halal awareness through interest in decisions on buying halal food products. Syiar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 65-79.
Sukardi, M. N., Nuryakin, N., & Fauziyah, R. (2019). The Positive Impacts of Halal Certification on Business, Social, and Economic Aspects. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 308, 423–427.
Sulastri, D. S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang di Restoran Mie Gacoan Kota Bandung. International Journal Administration Business & Organization, 3(2), 43-51.
Syaiful, A., & Wahidahwati, W. (2018). Analisis Pengaruh Renaming Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Konsumen Di Warung Steak Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 148-155
Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98-112.
Wulandari, C., & Efendi, D. (2022). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(6).
Prosiding:
Mardiani, S., & Edi, S. T. (2017). Pengaruh Fraud Diamond terhadap Pendeteksian Financial Statement Fraud dengan Komite Audit Sebagai Variabel Moderasi (pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Prosiding Akuntansi, 3(2), 476–484.