Logo Jebdeker

Pengaruh Strategi Marketing Flash Sale dan Tagline "Gratis Ongkir" Terhadap Impulse Buying pada Pengguna Shopee di Karawang

Authors

  • Nadya Benandi Yumara Nadya

    a:1:{s:5:"en_US";s:36:"Universitas Singaperbangsa Karawang ";}

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i1.207

Keywords:

Flash Sale, Tagline, dan Impulse Buying

Abstract

Perkembangan pesat di industri e-commerce telah mengakibatkan pertumbuhan pengguna dan toko online yang semakin meningkat, memicu persaingan di antara mereka. Untuk tetap kompetitif, Shopee menerapkan strategi pemasaran efektif seperti flash sale dan program pengiriman gratis. Tujuan penelitian ini untuk memahami strategi pemasaran flash sale dan tagline "gratis ongkir" dan dampaknya terhadap dari perilaku pembelian impulsif pengguna Shopee di wilayah Karawang. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif yang menghasilkan data yang dapat diukur secara langsung. Hal ini bertujuan untuk mencegah plagiasi tanpa mengurangi makna kalimat tersebut. Data utama diperoleh melalui penggunaan kuesioner yang diberikan kepada 100 responden di Karawang yang menggunakan platform Shopee. Responden tersebut dipilih menggunakan metode purposive sampling berdasarkan rumus Slovin. Teknik regresi linear berganda digunakan dalam melakukan analisis data. Penelitian menemukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan secara parsial antara flash sale dan pembelian impulsif, serta pengaruh yang signifikan secara parsial antara tagline dan pembelian impulsif. Secara keseluruhan, flash sale dan tagline secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif oleh pengguna Shopee di Karawang.

References

Agrawal, S., & Sareen, S. A. (2016). Flash sales–the game changer in Indian E-commerce industry. International Journal of Advance Research and Innovation, 4(1), 192-195.
Amanah, D., & Pelawi, S. P. (2015). Pengaruh promosi penjualan (sales promotion) dan belanja hedonis (hedonic shopping) terhadap impulsive buying produk Matahari Plaza Medan Fair. Jurnal Quanomic, 3(2), 10-18.
Anggraini, D., Azman, H. A., Hasanah, N. F., Febrian, H., & Sholihin, A. (2023). Pengaruh Flash Sale dan Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Impulsive Buying Secara Online dengan Muslim Self-Control Sebagai Variabel Moderating (Kajian Perspektif Ekonomi Islam). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 618-629.
Andarini, S. (2021). Pengaruh flash sale dan cashback terhadap perilaku impulsive buying pada pengguna shopee. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen , 5 (1).
Ariska, YI, Yustanti, NV, & Ervina, R. (2022). Pengaruh Tagline “Gratis Ongkos Kirim” dan Program Flash Sale pada Marketplace Shoppe untuk Mendorong Impulsive Buying secara Online. TINJAUAN EKOMBIS: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis , 10 (S1), 109-120.
Bakti, S. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Minat Impulse Buying pada Gerai Alfamart. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 5(2), 139-147.
Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati, M. (2020). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kajian Kewirausahaan, 1 (2), 58.
Eka, I. G. B. A. A., & Suparna, G. (2016). Pengaruh Store Environment Dan Impulse Buying Tendency Terhadap Urge To Buy Impulsively Dan Impulse Buying Behaviour (Doctoral dissertation, Udayana University).
Gesi, B., Laan, R., & Lamaya, F. (2019). Manajemen Dan Eksekutif. Jurnal Manajemen , 3 (2), 51-66.
Hery, SE (2019). Manajemen pemasaran . Gramedia widiasarana indonesia.
Jain, V. I. P. I. N., Malviya, B. I. N. D. O. O., & Arya, S. A. T. Y. E. N. D. R. A. (2021). An overview of electronic commerce (e-Commerce). Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(3), 665-670.
Octaviana, AR, & Komariah, K. (2022). Analisis Gaya Hidup Belanja, Motivasi Belanja Hedonis Dan Flash Sale Terhadap Pembelian Impulse Online. Jurnal Studi Manajemen dan Kewirausahaan (MSEJ) , 3 (4), 1961-1970.
Putri, MT (2022). Pengaruh Flash Sale dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadao Impulse Buying Pada Marketplace Shopee di Koga Pekanbaru (Studi Pada Pengguna Shopee di Kota Pekanbaru). (Disertasi Doktor, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Pramesta, NR, Natania, CM, Izdihar, AH, & Rakhmawati, NA (2022). Analisis Pengaruh Strategi Flash Sale Terhadap Minat Beli dan Perilaku Impulsif Mahasiswa ITS. JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen) , 10 (3), 149-159.
Prisgunanto, I. (2006). Komunikasi Pemasaran: strategi dan taktik. Bogor: Ghalia Indonesia, 82-87.
Rook, D. W. (1987). The buying impulse. Journal of consumer research, 14(2), 189-199.
Roykhanah, S. (2018). Pengaruh tagline shopee terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa ilmu komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 121.
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater TERHADAP perilaku impulse buying pengguna e-commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44-57.
Septari, F. (2022). Pengaruh Flash Sale Dan Tagline Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada Mahasiwa Ekonomi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Dari Perspektif Ekonomi Islam (Disertasi Doktor, UIN Ar-Raniry).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV
Swastha, B., & Handoko, TH (2002). Manajemen pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
Syauqi, A., Lubis, F. A., & Atika, A. (2022). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(4), 734-749.

Downloads

Published

2023-12-19