Logo Jebdeker

Uniqlo Neighborhood Collaboration Mendukung Produk Ekonomi Kreatif Di Kota Bandung (Pendekatan Pestel)

PENDEKATAN PESTEL

Authors

  • Septiana Dwiputrianti

    a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Politeknik STIA LAN Bandung";}
  • Devita Anggun Pradika

    Politeknik STIA LAN Bandung
  • Abdul Rachman

    Politeknik STIA LAN Bandung
  • Caesar Octoviandy Purba

    Politeknik STIA LAN Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i1.217

Keywords:

UNIQLO, UMKM, Ekonomi Kreatif, Kolaborasi Bisnis, PESTEL, Kota Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi program kolaborasi UNIQLO dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sektor ekonomi kreatif di Kota Bandung menggunakan kerangka analisis PESTEL (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Lingkungan, dan Hukum). Pergeseran paradigma ekonomi menuju kreativitas dan inovasi telah menghasilkan peluang baru bagi UMKM untuk mengembangkan produk dan layanan yang unik. Metode penelitian ini melibatkan studi literatur, wawancara dengan pemangku kepentingan terkait, serta analisis data kualitatif. Hasil analisis PESTEL menunjukkan bahwa faktor politik mencakup regulasi terkait UMKM dan kerja sama lintas sektor. Dalam aspek ekonomi, pertumbuhan ekonomi Kota Bandung sangat mendukung keberhasilan tujuan ini. Faktor sosial melibatkan preferensi konsumen terhadap produk lokal dan kepedulian terhadap etika produksi. Di bidang teknologi, transformasi digital ditemukan memiliki dampak signifikan pada jalur pemasaran. Lingkungan berperan dalam mendorong praktek berkelanjutan yang ramah lingkungan, sementara aspek hukum termasuk hak kekayaan intelektual dan perjanjian kemitraan. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana analisis PESTEL dapat membantu UMKM dan perusahaan besar seperti UNIQLO dalam merencanakan dan melaksanakan program kolaborasi untuk pengembangan ekonomi kreatif. Temuan ini dapat memberikan panduan kepada pemangku kepentingan dalam merumuskan strategi berkelanjutan, memanfaatkan peluang pasar, dan mengatasi tantangan yang muncul dalam ekosistem UMKM. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman teoritis tentang hubungan antara perusahaan besar dan UMKM dalam konteks ekonomi kreatif serta implikasinya bagi pembangunan ekonomi lokal.

Author Biography

  • Septiana Dwiputrianti, a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Politeknik STIA LAN Bandung";}

    Septiana Dwiputrianti, SE, M. Com (Hons), Ph. D. lahir di Bandung pada tanggal 23 September 1969. Menyelesaikan pendidikan sarjana Ekonomi Studi Pembangunan di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran pada tahun 1993. Mendapatkan beasiswa dari Australian Scholarship for Master of Commerce oleh Honours in Development Economics, University of Wollongong, Australia pada tahun 1999. Melanjutkan  program Philosophy of Doctor (Ph.D)  di Australian National University (ANU) pada tahun 2004, Crawford School of Public Policy. Sejak 1 Januari 1994, ia menjadi PNS di Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).  Jabatan fungsional dosen sejak tahun 2000. Wakil Ketua I Bidang Akademik STIA LAN Bandung tahun 2011-2012. Ia juga menjadi dosen tamu di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, dan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran. Pada tahun 2013, sebagai Kepala Pusat Studi Manajemen dan Kebijakan dan Kepala Pusat Pengembangan Analis Kebijakan. Pada tahun 2014 sebagai Kepala Pusat Inovasi Tata Kelola. Sejak 2016, menjabat sebagai Asisten Komisaris Bidang Penilaian dan Pengembangan. Kemudian, sebagai Asisten Komisioner Pengawasan Penerapan Sistem Merit tahun 2019-2021 di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).  Aktif sebagai dosen senior dan Ketua Departemen Ilmu Administrasi di Politeknik LAN STIA Bandung sejak awal tahun 2022.

References

Arafat, L. (2018). Faktor Eksternal Industri Pariwisata Di Kota Padang Dengan Pendekatan Pestel Analysis. Jurnal Pariwisata Pesona, 3(2), 145-157, Universitas Merdeka Malang. https://doi.org/10.26905/Jpp.V3i2.2401
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Hendrawan, A., Kuswantoro, F., & Sucahyawati, H. (2019). Dimensi Kreativitas Dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM), 2(1), 25-36, Purwokerto: STIKOM Yos Sudarso. https://doi.org/10.33488/1.jh.2019.2.194
Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73-85. https://doi.org/10.35906/Jm001.V7i1.729
Lubis, P. K. D., Rafli, R., Tobing, S., & Marpaung, D. T. (2023). Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Kota Tarutung Melalui Umkm Kain Tenun Ulos. Jurnal Ekonomi-Qu, 13(13), 117–126. http://dx.doi.org/10.35448/jequ.v13i1.20552
Paramadita, S., Umar, A., & Kurniawan, Y. J. (2020). Analisa Pestel Terhadap Penetrasi Gojek Di Indonesia. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 4(1), 37-49. https://doi.org/10.30813/Jpk.V4i1.2079
Rosani, R., Iqbal, I., Purwanti, D., & Putra, A. A. W. P. (2021). Analisis Pestel Pada Lazizmu Kalimantan Barat. Qus-Qasah: Journal of Islamic Economics, 2(2), 29-37.

Downloads

Published

2023-12-19