Factors Influencing Batam’s MSME owners in the Adoption of Social Media Usage
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i1.225Keywords:
adopsi, media sosial, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kepercayaanAbstract
UMKM adalah salah satu komponen yang tidak dapat dihilangkan dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Diterapkannya rencana digitalisasi UMKM semakin membawa Indonesia untuk melangkah kedepan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu pengaruh tiga faktor; persepsi kegunaan (X1), persepsi kemudahan penggunaan (X2), dan persepsi kepercayaan (X3) terhadap adopsi penggunaan media sosial oleh pelaku UMKM bidang kuliner (Y) di Kota Batam. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data dibantu dengan SPSS. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan ke sampel penelitian untuk diisi. Hasil penelitian, setelah pengujian data yang didapatkan dari hasil kuesioner menunjukkan bahwa dari tiga jenis variabel bebas yang ada dalam penelitian ini, persepsi kegunaan tidak berpengaruh terhadap adopsi penggunaan media sosial oleh pelaku UMKM bidang kuliner di Kota Batam. Sedangkan dua variabel bebas lainnya yaitu persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kepercayaan berpengaruh terhadap adopsi penggunaan media sosial oleh pelaku UMKM bidang kuliner di Kota Batam.