Pengaruh Waktu Tunggu Antrian Pasien Terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Pratama Promedika
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i2.271Keywords:
Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, KlinikAbstract
Waktu tunggu antrian pasien di lingkungan klinis merupakan aspek penting dalam pengalaman layanan Kesehatan. Meningkatkan kepuasan pasien tidak hanya menjadi tujuan utama pelayanan medis, tetapi juga merupakan indikator penting kualitas pelayanan yang diberikan oleh fasilitator kesehatan. Waktu tunggu pasien di klinik bukan hanya sekedar fase antara pendaftaran hingga pelayanan medis, melainkan sebuah momen yang dapat membentuk persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui pengaruh waktu tunggu antrian pasien terhadap kepuasan pasien di Klinik Pratama Promedika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif deskriptif. Responden berjumlah 50 orang dengan menggunakan teknis Accidental Sampling. Analisis dalam penelitian ini dengan Univariat dan Bivariat dengan Uji spearman rank dan Crosstabulation. Hasil dari penelitian di Klinik Pratama Promedika untuk waktu tunggu standar (<60 menit) sebanyak 16% merasa cukup puas, 46% merasa puas dan 34% merasa sangat puas. Sedangkan 2% menilai sangat puas dengan waktu tunggu lebih dari standar (>60 menit). Maka dapat disimpulkan dengan waktu tunggu <60 menit 96% pasien merasa puas, sedangkan dengan waktu tunggu >60 menit 4% pasien merasa tidak puas. Kepuasan pasien di Klinik Pratama Promedika diperoleh nilai p value sebesar 0,001<0,005 yang berarti terdapat hubungan yang bermakna antara variabel waktu tunggu dengan variabel kepuasan pasien. Simpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh antara waktu tunggu antrian pasien terhadap kepuasan pasien di Klinik Pratama Promedika.
References
Dewi, A., Eravianti, & Putri, D. K. (2021). Hubungan lama waktu tunggu pasien dengan kepuasan pasien di Puskesmas Lubuk Begalung. Prosiding Seminar Nasional Stikes Syedza Saintika, Vol. 1, No. 1.
Eko, A. P., Sona, M. N., Saputra, A. F., & Rolliawati, D. (2019). Pemodelan Dan Simulasi Antrian Pendaftaran Driver Baru Go-Jek Di Sidoarjo. Majalah Ilmiah Unikom, 17(1), 13-18.
Klawdina, V. (2021). HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BALOI PERMAI BATAM TAHUN 2021. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Awal Bros Batam.
Lestari, D. D., Parinduri, S. K., & Fatimah, R. (2020). HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANA RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK SPESIALIS PENYAKIT DALAM RSUD KOTA BOGOR TAHUN 2018-2019. PROMOTOR: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, Vol. 3No. 3.
Maulana, D., Tamrin, R., Alim, A., & Imran, A. (2019). Analisis hubungan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Maccini Sombala. jurnal kesehatan, 12(2), 99-111.
Nugroho, B. S. (2017). PENGARUH WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT SANTA CLARA MADIUN TAHUN 2017. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.
Pohan, I. S. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: dasar-dasar pengertian dan penerapan. Jakarta: EGC.
Sukur, M. (2023). Hubungan Waktu Tunggu Pasien Dengan Kepuasan Pasien di Unit Rawat Jalan Poli Urologi Rumah Sakit Islam Banjarnegara. Unisula.
Talib, D. T. (2022). MANAJEMEN REKAM MEDIS "SI-JANTUNG" RUMAH SAKIT. Sumatera: Azka Pustaka.