Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Daya Tarik Iklan terhadap Kepuasan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i2.276Keywords:
Daya Tarik Iklan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas ProdukAbstract
Salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan adalah menggunakan branding untuk meningkatkan kualitas produknya. Mengingat konsumen saat ini lebih memperhatikan jaminan kualitas produksi daripada sekadar memenuhi kebutuhan mereka, maka pentingnya peran merek menjadi semakin besar. Memperhatikan harga dan kualitas produk menjadi sangat penting untuk menjaga citra di mata pelanggan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas produk, biaya, dan daya tarik iklan. Pendekatan penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif untuk melakukan studi eksplanatori. Partisipan penelitian ini terdiri dari pelanggan bengkel Phetong Grafis Boyolali. Purposive sampling yang dikombinasikan dengan non-probability sampling ialah metode yang digunakan untuk pengambilan sampel penelitian ini. Terdapat 150 responden dalam sampel penelitian ini. Data primer digunakan dalam pembuatan penelitian ini. Penyebaran kuesioner menjadi metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Melalui aplikasi SPSS, peneliti menggunakan bantuan komputer untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini ialah bahwa kualitas Produk memiliki nilai t hitung > t tabel (3,069>1,975) dan nilai signifikansi 0,003<0,05. Jadi kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sehingga hipotesis pertama diterima. Harga memiliki nilai t hitung > t tabel (5,537>1,975) dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Jadi harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sehingga hipotesis kedua diterima. Daya Tarik Iklan memiliki nilai t hitung > t tabel (4,977>1,975) dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Jadi daya tarik iklan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sehingga hipotesis ketiga diterima.