Logo Jebdeker

Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan pada Minat Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Authors

  • Aditya Liliyan

    a:1:{s:5:"en_US";s:37:"Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta";}
  • Andhi Febisatria

    Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Satria Veriansyah Wiguna

    Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i2.279

Keywords:

Mobile JKN, BPJS Kesehatan, Technology Acceptance Model (TAM)

Abstract

Aplikasi Mobile JKN merupakan aplikasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk mempermudah konsumen untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan. Pengguna Aplikasi Mobile JKN dilihat masih sangat minim jika dibandingkan dengan pengguna layanan BPJS Kesehatan. Penelitian ini akan menguji secara empiris faktor-faktor yang menyebabkan minimnya minat konsumen BPJS Kesehatan untuk menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Temuan pada penelitian sebelumnya menyatakan bahwa persepsi kemudahan dalam menggunakan dan dan persepsi kegunaan merupakan prediktor utama dalam menentukan minat menggunakan aplikasi Mobile JKN. Temuan dari penelitian sebelumnya juga menjelaskan bahwa jika presepsi kegunaan memiliki respon yang baik dari pengguna tetapi tidak diimbangi dengan persepsi kemudahan dalam menggunakan yang baik, maka niat menggunakan aplikasi juga akan cenderung tidak terjadi. Penelitian ini akan membuktikan kebenaran dari temuan pada penelitian sebelumnya dengan menggunakan uji empiris. Penelitian sebelumnya masih bersifat kualitatif yang menangkap persepsi konsumen dari komentar tentang aplikasi Mobile JKN pada platform Google Play Store. Teori dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM) yang digunakan untuk melihat penerimaan individu pada teknologi terbaru. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kemudahaan penggunaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada minat menggunakan baik secara parsial ataupun simultan. Temuan dari penelitian ini mampu menjawab pertanyaan dari penelitian sebelumnya yang telah melihat faktor-faktor penyebab minat menggunakan aplikasi Mobile JKN masih minim. Secara simultan persepsi kegunaan dan kemudahan dalam menggunakan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada minat menggunakan. Hasil penelitian ini menjawab temuan dari penelitian sebelumnya, dimana persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan dalam menggunakan harus sama-sama bernilai positif agar mencapai suatu minat menggunakan yang positif dari masyarakat dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN. Penelitian ini juga memberikan saran dan implikasi dari segi teoritis bagi akademisi dan juga praktis bagi pengembang aplikasi Mobile JKN.

References

Al-Gahtani, S. (2001). The applicability of TAM outside North America: An empirical test in the United Kingdom. Information Resources Management Journal (IRMJ), 14(3), 37-46.
Amoroso, D. L. & Gardner, C., (2004, January). Development of an instrument to measure the acceptance of internet technology by consumers. In 37th Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 2004. Proceedings of The (pp. 10-pp). IEEE.
Bahri, S., Amri, A., & Siregar, A. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan Menggunakan Metode Service Quality (SERVQUAL). Industrial Engineering Journal, 11(2).
BPJS Kesehatan 2022, “Penerapan Asuransi Sosial Dalam Jaminan Kesehatan Nasional”, Jakarta: Corporate University, 2023
Chuttur, M. (2009). Technology acceptance, information system deployment, TAM, information system theory. Sprouts, 9(2009), 9-37.
Davis, F. D. (1989). Technology acceptance model: TAM. Al-Suqri, MN, Al-Aufi, AS: Information Seeking Behavior and Technology Adoption, 205-219.
Fatimah, H. H. (2023). Implementasi Penggunaan Aplikasi Mobile JKN diI BPJS Kesehatan Kantor Cabang Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25124-25130.
Fishbein, M. and Ajzen, I. (1975), Belief, Attitude and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Addison-Wesley, Reading, MA.
Febisatria, A., & Liliyan, A. (2024). Analisis Persepsi Konsumen terhadap Penggunaan Aplikasi Mobile JKN. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 384-394.
Gong, M., Xu, Y., & Yu, Y. (2004). An enhanced technology acceptance model for web-based learning. Journal of Information Systems Education, 15(4).
Hair, J. F. (2013). Multivariate data analysis.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. London: Pearson.
Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2010). Principles of marketing. Pearson Education India.
Krisdayanti, Wike (2021). “Pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Medan”, Medan: Repository UMSU, 2021.
Kurniawan, M. F., Siswoyo, B. E., Mansyur, F., Aisyah, W., Revelino, D., & Gadistina, W. (2016). Pengelolaan dan pemanfaatan dana kapitasi (monitoring dan evaluasi Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia). Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 5(3), 122-131.
Lemeshow, S. (1979). The use of unique statistical weights for estimating variances with the balanced half-sample technique. Journal of Statistical planning and Inference, 3(4), 315-323.
Lee, C., & Wan, G. (2010). Including subjective norm and technology trust in the technology acceptance model: a case of e-ticketing in China. ACM SIGMIS Database: The DATABASE for Advances in Information Systems, 41(4), 40-51.
Napitupulu, D., Simarmata, J., Abdillah, L. A., Setiawan, M. I., Ahmar, A. S., Rahim, R., ... & Erliana, C. I. (2017). Analysis of Technology Acceptance Model (TAM) on E-Learning System. In 2017 International Conference on Education and Technology (2017 ICEduTech) (pp. 247-251). Atlantis Press.
Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Sekaran, U. (2006). Metodologi penelitian untuk bisnis.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles