Pengaruh Media Sosial, Harga, Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v2i1.68Keywords:
Pelatihan, Insentif, KinerjaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu mengkaji dan menguraikan dampak pengaruh media sosial, harga, kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian secara online. Sumber informasi data pada penelitian ini meliputi data asli dan data pendukung, sebanyak 97 responden menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan belanja online sebagai standard pengambilan sampel. Teknik yang digunakan untuk menguji data penelitian yaitu uji validitas dan realibilitas, uji asumsi kalsik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda, uji f dan uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil perhitungan dari uji f didapat hasil nilai 29,361 lebih besar dari nilai f tabel 2,70. Hasil perhitungan uji t dapat disimpulkan nilai t variabel media sosial sebesar 0,994 lebih kecil dari t tabel 1,66, nilai t variabel harga 3,290 lebih besar dari t tabel 1,66 dan nilai t variabel kemudahaan penggunaan 5,554 lebih dari besar t tabel 1,66. Berdasarkan pengujian koefisien determinasi diperoleh bahwa 48,6% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel media sosial, harga, dan kemudahan penggunaan, sedangkan sisanya 51,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata kunci: Media Sosial, Harga, Kemudahan Penggunaan.