Logo Jebdeker

Pengaruh Brand Ambassador BTS, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Tokopedia

Authors

  • Mutia Azizah

    Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Amron

    Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v5i1.302

Keywords:

Brand Ambassador, Brand Image, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia berkembang sangat cepat dalam bidang ekonomi. Persaingan antar e-commerce yang yang ketat pada era globalisasi dengan berbagai promosi adalah cara terbaik untuk menyita perhatian dari masyarakat. Guna mendukung kegiatan dan memepermudahkan masyarakat untuk berbelanja dan melakukan berbagai transaksi Tokopedia terus mengembangkan kemajuannya. Pada tahun 2019 Tokopedia menggandeng BTS untuk bekerja sama guna mempromosikan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada pengguna aplikasi Tokopedia di Semarang yang berusia 17 tahun keatas, menggunakan aplikasi Tokopedia, dan mengetahui BTS. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dari 100 responden, dan hanya ada 97 data responden yang dapat diproses. Data yang diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menghasilkan Brand Ambassador BTS, Brand Image, Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif signifikan atas loyalitas pelanggan Tokopedia.

References

Alfira. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement dan Brand Image pada Instagram Shopee Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8(1), 9–17. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Ali, B. J., Saleh, P. F., Akoi, S., Abdulrahman, A. A., Muhamed, A. S., Noori, H. N., & Anwar, G. (2021). Impact of Service Quality on the Customer Satisfaction: Case study at Online Meeting Platforms. International Journal of Engineering, Business and Management, 5(2), 65–77. https://doi.org/10.22161/ijebm.5.2.6

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228

Angela, S., & Paramita, S. (2021). The Influence of Marketing Communication Through #TokopediaWIB TV Show Event on Brand Loyalty of Tokopedia (A Survey on K-Pop Fans). Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570(Icebsh), 697–704. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.110

Astuti, N. (2016). Hubungan Citra Merek Dengan Loyalitas Merek Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3), 432–438. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4104

Ernest Grace, Rosita Manawari Girsang, Sudung Simatupang, Vivi Candra, & Novelyn Sidabutar. (2021). Product Quality and Customer Satisfaction and Their Effect on Consumer Loyalty. International Journal of Social Science, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.53625/ijss.v1i2.138

Haeruddin, M. I. W., & Haeruddin, M. I. M. (2020). The Effect of Customer Satisfaction on Customer Loyalty in Kartu As Products in Makassar City. Jurnal Ad’ministrare, 7(2), 227. https://doi.org/10.26858/ja.v7i2.15443

Khairunnisa, F., & Jamiat, N. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Melalui E-Commerce Shopee Di Indonesia. E-Proceeding of Management, 8(1), 394–408. https://openlibrarypublikations.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/143 77/14161

Lee, H. won, & Kim, J. ho. (2020). Brand loyalty and the Bangtan Sonyeondan (BTS) Korean dance: Global viewers’ perceptions. Journal of Psychology in Africa, 30(6), 551–558. https://doi.org/10.1080/14330237.2020.1842415

Li, Y. (2022). Exploring the Branding of Korean Entertainment Industry from Human Brand and Brand Loyalty. Proceedings of the 2022 8th International Conference on Humanities and Social Science Research (ICHSSR 2022), 664 (Ichssr), 1857–1861. https://doi.org/10.2991/assehr.k. 220504.337

Maulida, C. N., & Kamila, A. D. (2021). Pengaruh K-Pop Brand ambassador Terhadap Loyalitas Konsumen. Kinesik, 8(2), 137–145. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i2.154

Melisa, M. (2023). Analisis Pengaruh Green Marketing dan Brand Image terhadap Loyalitas Konsumen.

Business Management Journal, 19(1), 33. https://doi.org/10.30813/bmj.v19i1.3612

Nauly, C., & Saryadi, S. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada J.Co Donuts & Coffee Java Supermall Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 974–983. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.28800

Prasetyanti, N. K., & Pradekso, T. (2022). Pengaruh Popularitas BTS Sebagai Brand ambassador Tokopedia dan Brand Associations Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Tokopedia Kalangan Gen-Z. Interaksi Online, 10(4), 134–145.

Safina Pribadi Makna, & Amron, A. (2023). Determinan Loyalitas Pelanggan Aplikasi Livin By Mandiri Di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 27(1), 1–12.

https://doi.org/10.24123/jeb.v27i1.5321

Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Engagement dan Loyalitas Merek pada Akun Instagram

TOKOPEDIA under a Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA) 4.0 license CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk provided by Electro. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185–198. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/388

Utaminingsih, S. L., & Sudrajat, R. H. (2021). Pengaruh Stray Kids Sebagai Brand ambassador Terhadap Brand Loyalty Shopee the Influence Stray Kids As Brand ambassador on Brand Loyalty Shopee. E- Proceeding of Management, 8(4), 4036–4043.

Vega, A., Putry, D. N., Azima, F., Wulandari, T., & ... (2021). Analisis Strategi Pemasaran Tokopedia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan …, 5, 3249–3254.

Yuwansa, V., Udayana, I. B. N., & Cahya, A. D. (2023). Pengaruh Brand ambassador dan Iklan Media Sosial Melalui Kepercayaan Penjualan terhadap Loyalitas Konsumen Tokopedia. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(6), 2920–2939.

https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i6.3626

Zahra, A., Buchari, T., & Aprilianty, F. (2022). The Influence of Customer’s Brand Experience of Chatime X BT21 Collaboration Towards Brand Loyalty. Asian Journal of Research in Business and Management, 4(3), 296–306. https://doi.org/10.55057/ajrbm.2022.4.3.27

Downloads

Published

2024-12-31