Strategi Digital Marketing Dapat Meningkatkan Purchase Intention dengan Dimediasi Customer Trust: Perspertif Theory of Planned Behaviour
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v5i1.304Keywords:
Customer trust, digital marketing, puschase intentionAbstract
Studi ini bertujuan untuk menyelidiki dampak strategi pemasaran digital pada niat pembelian dengan mempertimbangkan peran mediasi kepercayaan pelanggan. Melibatkan 154 sampel, analisis PLS-SEM digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara pemasaran digital, kepercayaan pelanggan, dan niat membeli. Uji outer model menunjukkan instrumen pengukuran reliabel dengan Composite Reliability > 0,80 dan Cronbach's Alpha < 0,90. Pemasaran digital memiliki Composite Reliability 0,812 dan Cronbach's Alpha 0,802, sedangkan niat membeli memiliki Composite Reliability 0,896 dan Cronbach's Alpha 0,893. Uji validitas menunjukkan semua variabel memenuhi standar AVE minimum 0,50. Hasil inner model menunjukkan nilai R-square untuk kepercayaan pelanggan 0,422 dan niat membeli 0,616, keduanya di atas ambang batas minimum 0,10. Koefisien jalur menunjukkan hubungan positif lemah antara pemasaran digital dan niat membeli (0,268) dan hubungan sangat positif antara pemasaran digital dan kepercayaan pelanggan (0,650). Efek mediasi menunjukkan bahwa pemasaran digital terhadap niat membeli dimediasi oleh kepercayaan pelanggan dengan nilai t statistik 7.781 dan nilai P 0,000. Keterbatasan penelitian ini adalah variabel pemasaran digital yang tidak spesifik. sampel yang digunakan terbatas pada populasi tertentu, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat digeneralisasi untuk semua konteks atau industri. Penelitian berikutnya, disarankan agar fokus pada aspek-aspek spesifik dari strategi pemasaran digital, seperti penggunaan media sosial, email marketing, atau konten marketing, untuk melihat pengaruhnya secara lebih rinci terhadap kepercayaan pelanggan dan niat pembelian.
References
Andayani, M., Rusilawati, T., Hestin, H., & Saparudin, S. (2023). Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan Melalui Kualitas Layanan dan Kepercayaan Pelanggan pada PT. Mastratech Indonesia Cabang Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 19(4), 644–656. https://doi.org/10.31851/jmwe.v19i4.11029
Ashraf, M. A. (2019). Islamic Marketing and Consumer Behavior Toward Halal Food Purchase in Bangladesh: An Analysis Using SEM. Journal of Islamic Marketing, 10(3), 893–910. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2018-0051
Chetioui, Y., Benlafqih, H., & Lebdaoui, H. (2020). How Fashion Influencers Contribute to Consumers’ Purchase Intention. Journal of Fashion Marketing and Management, 24(3), 361–380. https://doi.org/10.1108/JFMM-08-2019-0157
Darmayuda, A. (2021). Penetration Testing pada Web Server Menggunakan Metode ISSAF (Studi Kasus Website X).
Djoko Sulistiyo, T., Fitriana, R., & Lee, C. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang (The Influence of Instagram Social Media Marketing on The Brand Image of The Bunker Café, Tangerang) (Vol. 21, Issue 2).
Ebrahim, R. S. (2020). The Role of Trust in Understanding the Impact of Social Media Marketing on Brand Equity and Brand Loyalty. Journal of Relationship Marketing, 19(4), 287–308. https://doi.org/10.1080/15332667.2019.1705742
Hair, J., Hult, T., Ringle, C., Sarstedt, M., Danks, N., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. In Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal (Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813
Hanaysha, J. R. (2022). Impact of Social Media Marketing Features on Consumer’s Purchase Decision in The Fast-Food Industry: Brand trust as a Mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), 100102. https://doi.org/10.1016/ j.jjimei.2022.100102
Hien, N. N., & Nhu, T. N. H. (2022). The Effect of Digital Marketing Transformation Trends on Consumers’ Purchase Intention in B2B Businesses: The Moderating Role of Brand Awareness. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2105285
Jaya, I., & Darmajaya, H. S. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Price Discount dan Shopping Lifestyle Terhadap Online Impulse Buying pada Marketplace Shopee dan Tokopedia. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 245–254.
Kamisa, N., Putri, A. D., & Novita, D. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi kasus: Pengguna Shopee di Bandar Lampung). Journals of Economics and Business, 2(1), 21–29. https://doi.org/10.33365/jeb.v2i1.83
Kim, D. Y., & Kim, H. Y. (2021). Trust Me, Trust Me Not: A Nuanced View of Influencer Marketing on Social Media. Journal of Business Research, 134(May), 223–232. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.05.024
Kurdi, B. Al, Alshurideh, M., Akour, I., Alzoubi, H. M., Obeidat, B., & Alhamad, A. (2022). The Role of Digital Marketing Channels on Consumer Buying Decisions Through eWOM in The Jordanian Markets. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1175–1185. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.7.002
Maytanius, J., Leonardo, ), Wahyudi, H., Kelvin, ), Lim, R., & Sentoso, A. (2023). Analisis Digital Marketing UMKM Creativ. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1563–1567.
Nur’, A. M., Program, S., S1, M., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko Dan Komitmen Terhadap Minat Beli Kembali Konsumen Shopee. 9(2), 121–131.
Pakaya, M. F., Zainal, A. U., & Endi, R. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Mirai Management, 2(1), 1–122.
Putri, L. A., & Albari, A. (2023). Pengaruh Positif Penggunaan Bingkai Diskon Terhadap Reputasi Merek ,. 1(5).
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Saura, J. R. (2021). Using Data Sciences in Digital Marketing: Framework, methods, and performance metrics. Journal of Innovation and Knowledge, 6(2), 92–102. https://doi.org/10.1016/j.jik.2020.08.001
Sekaran, U., & Bougie, R. (2019). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach, 6th Edition.
Tan, Z., Sadiq, B., Bashir, T., Mahmood, H., & Rasool, Y. (2022). Investigating the Impact of Green Marketing Components on Purchase Intention: The Mediating Role of Brand Image and Brand Trust. Sustainability (Switzerland), 14(10). https://doi.org/10.3390/su14105939
Veleva, S. S., & Tsvetanova, A. I. (2020). Characteristics of The Digital Marketing Advantages and Disadvantages. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 940(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/940/1/012065
Wibisono, D., Rochmadi, T., Setiorini, K. R., & Ruscitasari, Z. (2022). Peningkatan Pengetahuan Pemasaran UKM Sempe Arum Manis Berbasis Website. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 83–87. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v6i1.1364
Ye, S., Ying, T., Zhou, L., & Wang, T. (2019). Enhancing Customer Trust in Peer-To-Peer Accommodation: A “Soft” Strategy Via Social Presence. International Journal of Hospitality Management, 79(November 2018), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.11.017
Yunus, M., Saputra, J., & Muhammad, Z. (2022). Digital Marketing, Online Trust and Online Purchase Intention of E-Commerce Customers: Mediating The Role of Customer Relationship Management. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 935–944. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.2.003