Logo Jebdeker

Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Harga dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Bioskop XXI Solo Square)

Authors

  • Rahayu Dwi Utami

    Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Budi Istiyanto

    Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v1i1.36

Keywords:

Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Persaingan pasar yang begitu ketat, sebagai pemilik usaha dalam bidang industry hiburan di Indomesia perlu memperhatikan variable yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu experiental marketing, kuaitas pelayanan, citra merek, dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiental marketing, kualitas pelayanan, citra merek dan harga dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dalam menonton bioskop XXI Sol Square. Populasi penelitian ini adalah semua pengunjung Bioskop XXI Solo Square, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, dimana sampel yang diperoleh sebesar 100 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu (1) Uji instrument data yang terdiri dari Uji Validitas dan uji reliabilitas, (2) Uji asumsi klasik yang terdiri dari normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, (3) Analisis regresi berganda, (4) Uji hipotesis terdiri dari uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ekperiental Marketing tidak bepengaruh signnifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam menonton bioskop XXI Solo Square sedangkan kuaitas pelayanan, citra merek dan harga berpengaruh signifika terhadap kepuasan pelanggan dalam menonton bioskop XXI Solo Square

Market competition is so tight, as business owners in the areas of the entertainment industry in Indonesia need to pay attention to the variables that can affect customer satisfaction, i.e., experiential marketing, serviceioquality, brand0iimage,09andiiprice. This09research aims to know the influencexxof Experiential Marketing, service quality, brand image and price in increasing customerxxsatisfaction in watching the cinema XXI Solo Square. Theapopulation ofathisaresearchaisaallavisitors of cinema XXI in Solo Square, and theasamplingamethod usediisitheimethodiof PurposiveaSampling, where samples were obtained of 100 respondents. The analysis used in the study are (1) Test Instrument Data consisting of Test validity and Reliability Tests, (2) a classic Assumption Test consisting of Multicollinearity, Normality, Heteroskedastisitas, (3) Multiple0iregressionxianalysis, (4) Test Hypotheses t Test and consists of the determination of the Coefficient. The results showed that no effect significant Experiential Marketing towards customer satisfaction in watching the cinema XXI Solo Square while quality ofvbservice,oibrand00image, andioPrice effect significantly toxxcustomerxxsatisfaction0iin watching the cinema XXI Solo Square

Downloads

Published

2020-12-02