Logo Jebdeker

Analisis Peran Ekonomi Kreatif terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Jawa dan Bali

Authors

  • Binti Fitriani

    Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Jember
  • Fivien Muslihatinningsih

    Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Jember
  • Endah Kurnia Lestari

    Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v5i1.794

Keywords:

Ekonomi kreatif, Tenaga kerja ekonomi kreatif, Investasi PMA ekonomi kreatif, Investasi PMDN ekonomi kreatif, Ekspor produk ekonomi kreatif, Pertumbuhan Ekonomi

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan suatu kegiatan perekonomian yang dalam proses produksi maupun distribusinya membutuhkan sebuah ide atau gagasan dari sumber daya manusianya. Ekonomi kreatif sendiri dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tenaga kerja ekonomi kreatif, investasi PMA ekonomi kreatif, investasi PMDN ekonomi kreatif dan ekspor produk ekonomi kreatif terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa dan Bali. Data yang digunakan adalah data sekunder berbentuk panel yang terdiri dari 7 provinsi di Jawa Bali dari tahun 2012-2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan Fixed Effect Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kerja ekonomi kreatif berpengaruh positif dan signifikan, investasi PMA ekonomi kreatif berpengaruh positif dan tidak signifikan, investasi PMDN ekonomi kreatif berpengaruh positif dan signifikan dan ekspor produk ekonomi kreatif berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa dan Bali.

References

Howkins, J. (2007). The Creative Economy:How People Make Money From Ideas. England: Penguin Group.

Jaya, W. K. (2021). Ekonomi Kelembagaan dan Desentralisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Jhingan, M. (2018). Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sriyana, J. (2014). Metode Regresi Data Panel. Yogyakarta: Ekonisia.

Sun'an, M. (2015). Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Suryana. (2013). Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide Dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Syahbudi, M. (2021). Ekonomi Kreatif Indonesia. Medan: Merdeka Kreasi.

Alice, Ekklesia, Sepriani, L., & Hulu, Y. J. (2021). Pengaruh Investasi Penanaman Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Melalui Peningkatan Produk Domestik Bruto di Indonesia. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 20(2), 77–83. https://doi.org/10.22225/we.20.2.2021.77-83

Amri, I., & Munir, M. (2020). Peran Moderasi Human Capital Diantara Pengaruh PMA dan PMDN Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 12(1), 65–76. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v12i1.1861

Faradis, R., & Suwandana, E. (2023). Peran Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Pulau Sumatera Pasca Covid-19. PUBLIKASI PENELITIAN TERAPAN DAN KEBIJAKAN, 6(2), 124–133. https://doi.org/https://doi.org/ 10.46774/pptk.v6i2.531 Peran

Faundez, J. (2016). Douglass North’s Theory of Institutions: Lessons for Law and Development. Hague Journal on the Rule of Law, 8(2), 373–419. https://doi.org/10.1007/s40803-016-0028-8

Haya, S. F., & Tambunan, K. (2022). Pengaruh Tenaga Kerja Ekonomi Kreatif Dan Ekspor Produk Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 82–90. https://doi.org/10.30821/se.v7i1.9993

Luqma, M. L., Susilowati, D., & Sari, N. P. (2023). Peran Ekonomi Kreatif dan Sektor Pariwisata dalam Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Community Development Journal, 4(2), 3331–3339.

Nizar, N. I., & Nazir, A. (2020). Faktor Human Capital pada Pertumbuhan Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Lima Provinsi di Indonesia). JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(1), 52–65. https://doi.org/https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.103

Pratomo, S., Ashar, K., & Satria, D. (2021). Role of Creative Economy on Local Economic Development. Journal of Indonesian Applied Economics, 9(2), 27–35. https://doi.org/10.21776/ub.jiae.2021.009.02.4

Rakhadita, A. C., & Prabowo, P. . (2022). Pengaruh Tenaga Kerja dan Investasi Terhadap PDRB Subsektor Ekonomi Kreatif Kota Surabaya. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 7(1), 30–41. https://doi.org/10.29407/jae.v7i1.17697

Rizkina, A., Nova, N., Aidar, N., & Rasyidin, M. (2023). Pengaruh Ekspor dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Indonesia. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(7), 395–401. https://doi.org/10.47065/tin.v4i7.4672

Rosminah, Nurjanah, R., & Umiyati, E. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Mimika. E-Journal Perdagangan Industri dan Moneter, 2, 83–100. https://doi.org/10.52421/jurnal-esensi.v2i1.211

Setiawan, S. (2018). Prospects and Competitiveness in Economy : Evidence from Indonesia. International Journal of Research in Business and Social Science, 7(2), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.20525/ijrbs.v7i2.888

BEKRAF. (2020). Laporan Kinerja Badan Ekonomi Kreatif Tahun 2019.

Kemenparekraf. (2022). Statistik Tenaga Kerja Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif 2018-2021.

Setiansyah, N. B., Praha, R. D., Razak, S., Bramantyo, J., Ismayanti, N. Y., & Institute, T. (2021). Infografis Data Statistik Indikator Makro Pariwisata & Ekonomi Kreatif. 49.

Reily, M. (2019, June 21). 10 Daerah Kreatif Versi Bekraf, Tak Hanya Bali dan Jawa. Retrieved February 21, 2024, from Katadata.co.id website: https://katadata.co.id/berita/nasional/5e9a5183f3db8/10-daerah-kreatif-versi-bekraf-tak-hanya-bali-dan-jawa

Downloads

Published

2024-12-31