Logo Jebdeker

Efektivitas Manajerial Kepala Sekolah dan Peran Audit Internal dalam Mencegah Fraud Pelaporan Keuangan Dana Bos Melalui Arkas

Authors

  • Wahyu Wismawati

    Program Studi Akuntansi, STIE Wijaya Mulya Surakarta
  • Yety Anggraini

    Program Studi Akuntansi, STIE Wijaya Mulya Surakarta
  • Dwinda Agustintia

    Program Studi Akuntansi, STIE Wijaya Mulya Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v5i1.803

Keywords:

Efektivitas manajerial, Audit Internal, Fraud, Pelaporan Keuangan, dana BOS, ARKAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas manajerial kepala sekolah dan peran audit internal dalam mencegah fraud pelaporan keuangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) melalui Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS). Efektivitas manajerial kepala sekolah menjadi kunci utama dalam pengelolaan dana BOS yang transparan dan akuntabel. Selain itu, audit internal berperan sebagai mekanisme controlling (pengawasan) untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan mencegah praktik kecurangan. Metode Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap pengelola dana BOS di SMK Muhammadiyah 4 Sragen, meliputi : Kepala Sekolah, Bendahara dan Operator ARKAS. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi dan triangulasi untuk membandingkan hasil pengamatan dengan hasil wawancara terkait hubungan antara efektivitas manajerial kepala sekolah, fungsi audit internal, dan pencegahan fraud melalui optimalisasi ARKAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas manajerial kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelaporan keuangan. Peran audit internal juga terbukti memperkuat pengendalian internal, sehingga mengurangi potensi fraud. ARKAS sebagai alat digital turut berkontribusi dalam meningkatkan transparansi dan efisiensi pengelolaan dana BOS. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengelola pendidikan, terutama dalam mendorong peningkatan kompetensi kepala sekolah dari sisi kompetensi manajerial dan keuangan serta penguatan sistem audit internal. Dengan demikian, pengelolaan dana BOS dapat dilakukan secara lebih efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

References

Bambang, I., & Entri, S. (2017). Pengembangan Model Pengelolaan Anggaran Sekolah Berbasis Partisipasi. Jurnal Widya Sari, 6(2), 50–75.

Coleman, J. (1990). No TitleFoundations of Social Theory. Harvard University Press.

Engko, C., Ahuluheluw, N., & Selong, R. R. (2021). Analisis Peran Audit Internal Dalam Pencegahan Fraud Dengan Menggunakan Fraud Diamond Model. Accounting Research Unit (ARU Journal), 2(2), 45–59. https://doi.org/10.30598/arujournalvol2iss2pp45-59

Hakim, D. R., & Suhendar, D. (2020). Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Komparatif pada SMK Negeri dan Swasta di Provinsi Banten). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 17(01), 11–23. https://doi.org/10.25134/equi.v17i1.2598

Hidayat, D., & Noviarti, W. (2005). Kejuruan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah Di Smk Negeri Se-Kota Tangerang Selatan. 4(2013), 80–99.

Kia, P. (2020). Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengelola Keuangan Sekolah di SD I Baopukang Kecamatan Nagawutung. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(7), 447–460.

Mardiasmoro. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi.

Marjuki. (2015). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah. Bahan Bacaan.

Nugroho, R. ., Nina, W., & Rihandoyo. (2011). Implementasi Kebijakan Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di Kota Semarang (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri Semarang Selatan Tahun 2011). Journal of Public Policy and Management Review, 53(9), 167–169.

Nurtanio, A. P. (2009). Strategi Mengembangkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132296019/penelitian/Strategi+Mengembangkan+Kompetensi+Manajerial+Kepala+Sekolah.pdf.

Rahayu, K. P., Wati, R., Prihanto, Y., Wartono, T., & Nuryani, Y. (2020). Pelatihan Audit Internal Penggunaan Dana Bos Untuk Kepala Sekolah, Bendahara, Administrasi SMP Kota Tangerang Selatan Gugus 03. Dedikasi Pkm, 1(2), 6. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6382

Riswat, R. (2021). Inefisiensi Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Unit-Unit Kerja di IAIN Curup. Jurnal Perspektif, 14(1), 111–137.

https://doi.org/10.53746/perspektif.v14i1.39rkas.kemdikbud.go.id. (2007).

Saleh, R., & Susilowati, I. (2004). Studi Empiris Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis Strategi, 13(7).

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. CV.

Yulyanti, Rakib, M., & Rahman, N. (2022). (Pendidikan dan Pengajaran) The Effect Of School Budget Work Plan Application On The Accountability. Jurnal PAJAR, 6, 251–259. Volume 6 Nomor 1 Januari 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337.

Yusri. (2019). Implementasi Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Kabupaten Malinau. Jurnal Paradigma (JP), 8(2), 105–113. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/article/view/3010

Zulaika, N., Nasution, U. O., Dewi, I. R. K., Alamsyahbana, M. I., & Utami, R. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi SIPBOS Dalam Pengelolaan Dana BOS Di Kecamatan Bintan Timur. JIP: Jurnal Informasi Penelitian, 2(12), 4203–4210. https://doi.org/10.47492/jip.v2i12.1523

Downloads

Published

2024-12-31