Logo Jebdeker

Kepemimpinan Transformasional dan Kompetensi Dosen Terhadap Kualitas Softskill Mahasiswa di Era Industri 4.0 dan Society 5.0

Authors

  • Ria Estiana

    a:1:{s:5:"en_US";s:23:"Politeknik LP3I Jakarta";}
  • Dingot Hamonangan Ismail

    Politeknik LP3I Jakarta
  • Damdam Damiyana

    Politeknik LP3I Jakarta
  • Eko Sugiyanto

    Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v3i2.186

Keywords:

kepemimpinan transformasional, kompetensi dosen, soft skill

Abstract

Perusahaan di Era industry 4.0 dan society 5.0 saat ini menuntut lulusan perguruan tinggi untuk memiliki kemampuan hard skill dan soft skill yang seimbang. Sedangkan realita yang terjadi di dunia Pendidikan khususnya vokasi, masih memfokuskan pada peningkatan kemampuan hard skill mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional yang dimiliki dosen dan kompetensi dosen terhadap peningkatan kualitas soft skill. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah populasi adalah seluruh mahasiswa aktif Politeknik LP3I Jakarta pada tahun akademik 2021/2022. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap peningkatan kualitas soft skill mahasiswa, terdapat pengaruh secara parsial yang positif dan signifikan antara kompetensi dosen terhadap peningkatan kualitas soft skill mahasiswa, dan gaya kepemimpinan transformasional serta kompetensi dosen secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan.

 

 

References

Achmadi, T. A., Anggoro, A. B., Irmayanti, I., Rahmatin, L. S., & Anggriyani, D. (2020). Analisis 10 Tingkat Soft Skills Yang Dibutuhkan Mahasiswa di Abad 21. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(2), 145-151.
Dau, Y. L. D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi Dosen, Perilaku Belajar, Motivasi Belajar terhadap Kualitas Soft Skill Mahasiswa Stipas Keuskupang Agung Kupang. Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 1(1), 1-18.
Donni Juni Priansa. (2015). Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Gray, K., & Koncz, A. (2022). The Attributes Employers Want to See on College Students’ Resumes. USA: NACE.
Ismail, D. H., Purrohman, P. S., Ghoni, A., Matin, U. A., Muslim, A. B., Anis, M. Y., ... & Syihab, U. (2022). Relevansi Nilai Gontor: Bagi Pengembangan Karir Profesional: Pemikiran Para Doktor & Guru Besar Alumni. UNIDA GONTOR PRESS.
Ismail, D. H., Asmawi, M., & Widodo, S. E. (2020). The Effect of Organizational Culture, Leadership Style, and Trust to Organizational Commitments of LP3I Polytechnic Jakarta Lectures. IJHCM (International Journal of Human Capital Management), 4(1), 16-25.
Lubis, R. K. (2021). The Effect Of Soft Skill On Work Readiness Facing Society 5.0 In Informatics Engineering Students Of STMIK Pelita Nusantara Medan. Journal of Management Science (JMAS), 4(1), 13-16.
O’Brien, P.S. (2010). Making college count (2nd ed.). Cincinnati, Ohio: Patrick S. O’Brien Enterprises, LLC.
Pramudia, J. R., Ardiwinata, J. S., Sudiapermana, E., & Hilmi, M. I. (2019, July). The soft skill training to improve the readiness of alumni in entering the working world. In 2nd International Conference on Educational Sciences (ICES 2018) (pp. 108-110). Atlantis Press.
Sailah, Ilah dkk., (2008). Pengembangan Soft Skills dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Akademik, Direktorak Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rhinea Cipta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen 2005. Jakarta.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Articles