Logo Jebdeker

Efek Aksesibilitas, dan Pengalaman Terhadap Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Pengguna TikTok Shop Batam

Authors

  • Willson Willson

  • Kalon Kennedy

  • Kellie Leslie

  • Kelvin Kelvin

  • Raymond Raymond

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i1.201

Keywords:

E-Service Quality, TikTok Shop, E-Recovery Service Quality, E-Satisfaction, E-Loyalty

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana kualitas dari layanan (E-Service Quality) beserta layanan pengaduan (e-recovery service) yang ditawarkan oleh TikTok Shop dapat mempengaruhi kepuasan (E-Satisfaction) dan loyalitas (E-Loyalty) penggunanya. Dengan menggunakan metode kuantitatif, riset dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebar kepada 400 responden Kota Batam yang pernah menggunakan TikTok Shop, dengan rentang usia dari 12 tahun hingga dewasa. Hasil riset ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dan layanan pengaduan berpengaruh penting terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna. Semakin baiknya kualitas yang ditawarkan oleh TikTok Shop, semakin tinggi pula tingkat kepuasan dan loyalitas penggunanya. Oleh karena itu, TikTok Shop harus senantiasa mempertahankan kualitas layanan serta pengaduannya agar pengguna selalu senang dan puas untuk melakukan pembelanjaan melalui TikTok Shop.

References

Giao, H. N. K., Vuong, B. N., & Quan, T. N. (2020). The Influence Of Website Quality On Consumer’s E-Loyalty Through The Mediating Role Of E-Trust And E-Satisfaction: An Evidence From Online Shopping In Vietnam. Uncertain Supply Chain Management, 8(2), 351–370.
Harianto, E. F. E., & Ellyawati, J. (2023). The Influence of Perceived Usefulness, Trust, and Risk on Loyalty in the TikTok Shop: Test of Consumer Satisfaction As A Mediation Variable. Journal of Entrepreneurship & Business, 4(1), 13–23.
Jain, V., Malviya, B., & Arya, S. (2021). An Overview of Electronic Commerce (e-Commerce). Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(3).
Janna, N. M. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. OSF Preprints.
Kaya, B., Behravesh, E., Abubakar, A. M., Kaya, O. S., & Orús, C. (2019). The Moderating Role of Website Familiarity In The Relationships Between E-Service Quality, E-Satisfaction and E-Loyalty. Journal of Internet Commerce, 18(4), 369–394.
Kaye, D. B. V., Chen, X., & Zeng, J. (2021). The Co-Evolution Of Two Chinese Mobile Short Video Apps: Parallel Platformization Of Douyin And Tiktok. Mobile Media and Communication, 9(2), 229–253.
Lundstrom, K. (2021). Nearly Half of TikTokers Are Buying Stuff From Brands They See On The Platform. Adweek. https://www.adweek.com/brand-marketing/nearly-half-of-tiktokers-are-buying-stuff-from-brands-they-see-on-the-platform/%0A%0A
Murhadi, W. R., & Reski, E. C. (2022). Pengaruh E-Service Quality, Kesadaran Merek, Kepercayaan, Word Of Mouth, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Tiktok Shop (Studi Pada Pelanggan Tiktok Shop). Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 229–240.
Nopra Lova, A., & Budaya, I. (2023). Behavioral of Customer Loyalty on E-Commerce: The Mediating Effect of E-Satisfaction in Tiktok Shop. JSRET (Journal of Scientific Research, Education, and Technology), 2(1), 61–73.
Nur Hayati, A. (2021). Analisis Tantangan dan Penegakan Hukum Persaingan Usaha pada Sektor E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Hukum De Jure, 21(1), 109.
Pereira, H. G., Salgueiro, M. de F., & Rita, P. (2016). Online Purchase Determinants Of Loyalty: The Mediating Effect Of Satisfaction In Tourism. Journal of Retailing and Consumer Services, 30, 279–291.
Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok. Transpublika Publisher, 2(5), 131–140.
Yanti, S. D., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Dan Kepercyaan Terhadap Minat Beli Ulang Di Tiktok Shop (Studi Kasus Mahasiswa FKIP UHAMKA 2018). Jurnal EMT KITA, 7(1), 47–61.

Downloads

Published

2023-12-19