Pengaruh Brand Image, Service Quality, Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Kepuasan Pelanggan Mcdonald’s Jakarta Dalam Menggunakan Layanan Pesan Antar Makanan Via Online
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i1.206Keywords:
manajemen, brand image, service quality, perceived ease of use, kepuasan konsumenAbstract
Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat berkembang dan tersebar ke seluruh penjuru dunia, didukung dengan perkembangan bisnis kuliner di Indonesia saat ini. Adanya penggunaan layanan pesan antar makanan saat ini sudah dilakukan secara online dan sudah ada banyaknya gerai Mcdonald’s di Indonesia, para konsumen perlahan memiliki pandangan atau persepsi di dalam pikirannya masing – masing tentang produk yang sudah ditawarkan oleh perusahaan makanan cepat saji ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah brand image, service quality, dan perceived ease of use memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan perceived ease of use tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan service quality memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
References
Binekasri, R. (2023, Mei 26). Bisnis Kuliner Booming, ESB Bagikan Tips Jadi Juara Pasar. Dipetik Juni 24, 2023, dari CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20230526175138-25-441002/bisnis-kuliner-booming-esb-bagikan-tips-jadi-juara-pasar
Binekasri, R. (t.thn.). Bisnis Kuliner Booming, ESB Bagikan Tips Jadi Juara Pasar. Dipetik Juni 24, 2023, dari CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20230526175138-25-441002/bisnis-kuliner-booming-esb-bagikan-tips-jadi-juara-pasar
Burhan, F. A. (2022, Juni 16). Riset: Layanan Pesan-antar Makanan Kian Diminati, GoFood Rajai Pasar. Dipetik Juni 24, 2023, dari Katadata.
CNBC Indonesia. (2023, Februari 16). Ini Bukti Orang Indonesia Kecanduan GoFood-GrabFood. Dipetik Juni 24, 2023, dari CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230216141331-37-414351/ini-bukti-orang-indonesia-kecanduan-gofood-grabfood
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, Vol. 13, No. 3, 320.
Horn, W. C. (2002). Applying Customer Satisfaction Theory to Community College Planning of Counseling Services. iJournal, n2 , 2-15.
Indira, E., & Santoso, T. (2020). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PRICE FAIRNESS TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA PENGGUNA APLIKASI MCDONALD’S. AGORA Vol. 8, No. 2, 2.
Juliana. (2019). ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE ,SERVICE QUALITY DAN PRICE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 9, 5880.
Maftuchah, V., Ghofir, A., Sabil, & Riftiasari, D. (2019). Consumer Satisfaction Online Ojek Services In Indonesia : Effect Of Service Quality And Customer Value. Archives of Business Research (ABR) Vol.7, No.12, 116-125.
Mihail, C. (2016). ALIGNING THE BRAND IDENTITY AND BRAND IMAGE AFTER REBRANDING. Management&Marketing, volume XIV, issue 2, 181-187.
Ok, S., Suy, R., Chhay, L., & Choun, C. (2018). Customer Satisfaction and Service Quality in the Marketing Practice : Study on Literature Review. Asian Themes in Social Sciences Research Vol. 1 No. 1 , 21-27.
Oscar, Y., & Keni. (2019). PENGARUH BRAND IMAGE, PERSEPI HARGA, DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol. 3, No. 1, 20-28.
Sintesa, N., Astuti, E. D., & Lestariningsih, W. (2022). ANALISIS CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APLIKASI MAKANAN ONLINE. JURNAL LENTERA BISNIS Volume 11, Nomor 2, 175.
Supardi. (2016). Populasi Dan Sampel Penelitian. UNISIA no.17, 100-108.
Wilson, N., Alvita, M., & Wibisono, J. (2021). THE EFFECT OF PERCEIVED EASE OF USE AND PERCEIVED SECURITY TOWARD SATISFACTION AND REPURCHASE INTENTION. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol. 5, No. 1, 149.
Zhongcao, C. (2022). Customer’s Satisfaction : On the Food Delivery Apps. Journal of Digitainability, Realism & Mastery (DREAM) Volume 01, Issue 06, 25.