Cost and Benefit of Exposure: Studi Kasus Kolaborasi Aming Coffee dan Startup Pontinesia
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i1.223Keywords:
brand exposure, cost, benefitAbstract
Brand exposure merupakan sebuah langkah yang dilakukan bagi perusahaan untuk memastikan bahwa brand mereka dilihat, diperhatikan, dan dikenali oleh konsumen dan khalayak ramai. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan awareness and perception terhadap suatu brand. Namun, tentu akan ada biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan guna mencapai tujuan tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan pemaparan media sosial baik yang dilakukan oleh perusahaan tersebut sendiri ataupun melalui jasa content creator. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskritif dengan menganalisis konten dan insight Instagram dari kerjasama antara Aming Coffee dan Startup content creator Pontinesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya dan keuntungan dari kerjasama antara Aming Coffee dan Startup Pontinesia cukup baik daari hasil evaluasi melalui insight Instagram Startup Pontinesia.
References
Aming Coffee Buka Cabang ke-25 se-Indonesia. (n.d.). Kalbar News. Retrieved October 10, 2023, from https://www.kalbarnews.co.id/2023/07/aming-coffee-buka-cabang-ke-25-se.html
Aming Coffee Terima Penghargaan Pelaku UMKM Inspiratif. (n.d.). kumparan. Retrieved October 10, 2023, from https://kumparan.com/hipontianak/aming-coffee-terima-penghargaan-pelaku-umkm-inspiratif-1znma3lZRey
Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing (SSRN Scholarly Paper 3545505). https://papers.ssrn.com/abstract=3545505
Baumol, W. J., & Blinder, A. S. (2011). Economics: Principles and policy (11th ed., 2010 update). South-Western/Cengage Learning.
Boardman, A. E. (2018). Cost-benefit analysis: Concepts and practice (Fifth edition). Cambridge University Press.
Hennink, M. M., Hutter, I., & Bailey, A. (2011). Qualitative research methods. SAGE.
Indah, D. P., & Ahmadi, A. (2023). RECOVERY OR NEW STRUGGLE? COMPETITIVE ADVANTAGE IN “THE CITY OF 1000 COFFEE SHOP.” Jurnal Ekonomi, 12(02), 770–773. https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/1731
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Wiley.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). SAGE Publications, Inc.
Pulizzi, J. (2012). The Rise of Storytelling as the New Marketing. Publishing Research Quarterly, 28(2), 116–123. https://doi.org/10.1007/s12109-012-9264-5
Sejarah Aming Coffe di Pontianak dari Tahun 1970 hingga Jadi Ikon di Masyarakat—Tribunpontianak.co.id. (n.d.). Retrieved October 10, 2023, from https://pontianak.tribunnews.com/2020/03/09/sejarah-aming-coffe-di-pontianak-dari-tahun-1970-hingga-jadi-ikon-di-masyarakat
Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703–708. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.07.002
Tips Sukses Aming Coffee yang Terus Konsisten Menyesuaikan Jaman—Inside Pontianak. (2023, August 11). https://insidepontianak.com/tips-sukses-aming-coffee-yang-terus-konsisten-menyesuaikan-jaman/
Tsimonis, G., & Dimitriadis, S. (2014). Brand strategies in social media. Marketing Intelligence & Planning, 32(3), 328–344. https://doi.org/10.1108/MIP-04-2013-0056
Wibawa, B. M., Imam, B., Nareswari, N., Mardhotillah, R. R., & Pramesti, F. (2022). Utilization of Social Media and Its Impact on Marketing Performance: A Case Study of SMEs in Indonesia. International Journal of Business and Society, 23(1), 19–34. https://doi.org/10.33736/ijbs.4596.2022
Xiao, X. (2021). Storytelling techniques, social media strategies, and tourism destination images of Thailand by Chinese Douyin content creators [Master of Arts, Chulalongkorn University]. https://doi.org/10.58837/CHULA.THE.2021.375