Logo Jebdeker

Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Ice Cream and Tea

Authors

  • Niken Darnilam Ayu Nuraini

    Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Kusdiyanto Kusdiyanto

    Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i1.238

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Promosi

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Mixue Ice Cream and Tea. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penentuan jumlah sampel dari penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian menggunakan data primer dan data sekunder.  Teknik analisis data penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini ialah bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Harga terhadap Keputusan Pembelian konsumen produk Mixue Ice Cream and Tea pada Universitas Muhammadiyah Surakarta. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara Promosi terhadap Keputusan Pembelian konsumen produk Mixue Ice Cream and Tea pada Universitas Muhammadiyah Surakarta. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian konsumen produk Mixue Ice Cream and Tea pada Universitas Muhammadiyah Surakarta.

References

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra ( Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Salatiga ). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277
Ardiansyah, M. F., & Khalid, J. (2022). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Angkringan Nineteen. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1419–1430. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2145
Arief Baehaqi, M., Udayana, I. B. N., & Welsa, H. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk terhadap Customer Satisfaction dan Keputusan Pembelian Konsumen. Widya Manajemen, 4(1), 21–33. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i1
Arjuna, H., & Ilmi, S. (2020). Effect Of Brand Image, Price and Quality Of The Product On The Smartphone Purchase Decision. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 3, 294–305. https://doi.org/10.14421/EkBis.2019.3.2.1190
Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. 2(2), 204–219. https://doi.org/10.53695/ja.v2i2.154
Batubara, M., Silalahi, P. R., Sani, S. A., & Syahputri, R. R. et al. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi FEBI UIN Sumatera Utara. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.931
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. 8(11), 6762–6781. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p19
Ekowati, S., Finthariasari, M., & Aslim. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputuan Pembelian Produk Pada Eleven Cafe Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (Jam-Ekis), 3(1), 1–14. https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v3i1.555
Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi , Harga , dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 200–218. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Fadli, Rivaldo, Y., Kamanda, S. V., & Yusman, E. (2022). The Effect of Products, Promotions And Prices On Mizon’s Purchasing Decision At Alfamart Sungai Harapan. Jurnal Mantik, 6(2), 2393–2399.
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. 4(1), 176–188. https://doi.org/10.31955/mea.v4i1.270
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. PENERBIT ERLANGGA.
Krisna Marpaung, F., Arnold S, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), 1–16.
Maharani, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2
Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326
Mulyani, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jam Tangan Merek Lorenzo. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 2(1), 28–43. https://doi.org/10.47233/jebs.v2i1.60
Nasution, A. A., & Baginda Harahap, Zuriani Ritonga, et al. (2022). The Influence of Product Quality, Promotion and Design on Purchase Decisions for Yamaha Nmax Motor Vehicles SPSS Application Based. International Journal of Economics (IJEC), 1(1), 01–13. https://doi.org/10.55299/ijec.v1i1.67
Nasution, A. E., Pratami, L., Muhammad, P., & Lesmana, T. (2019). Analisis Pengaruh Harga , Promosi , Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. 1(1), 165–173. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shoppe (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528
Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. 4(1), 43–54. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1447
Nurliyanti, Susanti, A. A., & Hadibrata, B. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982
Pahlevi, R. (2022). Mixue Memiliki Jejaring Boba Terbanya di Asia Tenggara. Databoks.Katadata.Co.Id.
Paludi, S., & Juwita, R. (2021). Pengaruh persepsi harga, lokasi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(01), 41–53. https://doi.org/10.25134/equi.v18i1.
Permatasari, B., & Maryana, S. (2021). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ: International Journal of Business, 4(2), 62. https://doi.org/10.33365/tb.v4i2.1335
Putri, A. K. P., & Suratno, I. B. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Brand H&M. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akutansi, 14(2), 1–146. https://doi.org/10.24071/jpea.v14i2.4618
Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. Mbia, 20(1), 40–50. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271
Rahman, D. F. (2022). Profil Mixue, Perusahaan Es Krim dan Teh Tiongkok yang Aktif Ekspansi. Katadata.Co.Id.
Ramadani, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Handphone. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 36–46. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.540
Rizaty, M. A. (2022). Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,68% pada Kuartal II/2022. Dataindonesia.Id.
Saleh, A. (2022). Es Krim Mixue Memang Lebih Enak daripada KFC Sundae dan McFlurry McD, kok. Mojok.Co.
Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea, 4(1), 106–113. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1573
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Wulandari, H. P., & Subandiyah, A. E. (2022). Pengaruh Ulasan Produk, Harga dan Pembayaran Non Tunai (Shopee paylater) terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 9(2), 80. https://doi.org/10.54131/jbma.v9i2.138
Zahara, R., & Sembiring, N. (2020). Effect On The Promotion And Price On Decision To Purchase Of Railway Airport Transport Tickets. 1(2), 224–231. https://doi.org/10.31933/DIJDBM

Downloads

Published

2023-12-25