Logo Jebdeker

Strategi Digital Marketing Desa Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Nglanggeran)

Authors

  • Ahmad Zaki

    a:1:{s:5:"en_US";s:51:"Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta";}
  • Alfi Hidayati

  • Dya Kurnia Athailah Syah

  • Ratna Nur Amalia

  • Salma Nur Purwaning Kozun

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i2.254

Keywords:

Digital Marketing, Desa Wisata, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk meninjau tentang penerapan digital marketing strategi yang dilakukan pihak pengelola desa wisata yakni Desa Wisata Nglanggeran. Dari banyaknya desa siaga, Desa Wisata Nglanggeran adalah salah satu desa wisata di Yogyakarta yang telah menggunakan digital marketing sebagai strategi pemasarannya. Pemasaran digital merupakan cara promosi dimana prosesnya menggunakan internet atau alat-alat digital lain dalam memberikan berbagai informasi terkait wahana dan destinasi tersebut untuk menumbuhkan awareness dan minat wisatawan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian didapatkan melalui studi pustaka serta studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata Nglanggeran telah menerapkan strategi pemasaran digital marketing mulai dari website serta laman sosial media anatara lain Twitter, Facebook (FB), Youtube, Instagram (IG), serta Tiktok. Namun, salah satu akun instagram pada objek wisata Desa Nglanggeran yaitu gunung api purba (@gunungapipurba) masih kurang aktif dalam membagikan kegiatan desa wisata maupun destinasi wisata gunung api purba itu sendiri. Disarankan bagi pengelola Desa Wisata Nglanggeran lebih memaksimalkan penggunaan digital marketing ini baik di instagram ataupun seluruh sosial media yang dikelola. Dengan pengelolaan digital marketing yang baik diharapkan mampu mempertahankan dan mengembangkan Desa Wisata Nglanggeran agar tetap eksis.

References

​​Amdan, N. S., Alifi, M. I., Muhaemin, M., Ramadhan, A., Pratiwi, M., Fitriyah, N., & Muldi, A. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Kampung Wisata Pekijing. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 72–79. https://doi.org/10.30653/002.202271.26

​bappeda.jogjaprov.go.id. (n.d.). Desa Wisata dan Pokdarwis. Retrieved November 22, 2023, from https://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/index/211-desa-wisata-dan-pokdarwis

​Darmayanti, P. W., I Made Darma Oka, & Fransiska Fila Hidayana. (2023a). PERAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI KABUPATEN TABANAN. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 3(2), 21–29. https://doi.org/10.53356/diparojs.v3i2.78

​Darmayanti, P. W., I Made Darma Oka, & Fransiska Fila Hidayana. (2023b). PERAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI KABUPATEN TABANAN. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 3(2), 21–29. https://doi.org/10.53356/diparojs.v3i2.78

​desawisatanglanggeran.com. (n.d.). Objek Wisata desa Nglanggeran. Retrieved November 15, 2023, from https://desawisatanglanggeran.com/#

​Dinas Pariwisata. (2020). Laporan Akhir Perhitungan Jumlah Kunjungan Wisatawan Kota Yogyakarta.

​Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Debby Arisandi Halaman 61 dari 76 JMD. In Jurnal Manajemen Dewantara (Vol. 1, Issue 2). http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32

​Ghaisani, C. O., & Afifi, S. (2022). The implementation of digital marketing communication strategy in cultural tourism: a case study in Yogyakarta. The Indonesian Journal of Communication Studies, 15(1). https://doi.org/10.31315/ijcs.v15i1.6095

​gunungapipurba.com. (2015). Educational Tourism. https://www.gunungapipurba.com/pages/detail/educational-tourism

​Harini, C., Wulan, H. S., & Agustina, F. (2022). UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM KOTA SEMARANG.

​Hruska, J., & Maresova, P. (2020). Use of social media platforms among adults in the United States—Behavior on social media. Societies, 10(1). https://doi.org/10.3390/soc10010027

​Indraswari, C., Insan, R. N., Maulida, S. W., Fajriyani, M. R., & Arifah, H. (2021). Psikoedukasi Digital Marketing dan Pembuatan E-Katalog di Wisata Jaka Garong. Psyche 165 Journal, 290–295. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i3.32

​Kemenparekraf. (2020). Anugerah Desa Wisata Indonesia. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Anugerah-Desa-Wisata-Indonesia.

​kemenparekraf.go.id. (n.d.). Desa Wisata Nglanggeran.

​Ma’ruf, A. P. (2017). Analisis Daya Saing Sektor Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. In Journal of Economics Research and Social Sciences Rini (Vol. 1, Issue 1).

​Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19790

​Nur Rohmi Aida, W. A. P. (2019, July 11). Tempat Kuliner Baru di Nglanggeran Yogyakarta, Ada Belalang Goreng. Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2019/07/11/110400227/tempat-kuliner-baru-di-nglanggeran-yogyakarta-ada-belalang-goreng?page=all

​Rista Hermawati, P. (2020). KOMPONEN KEPARIWISATAAN DAN PENGEMBANGAN COMMUNITY BASED TOURISM DI DESA WISATA NGLANGGERAN. 7(1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp

​Setiadi AMIK BSI Karawang Jl Banten No, A. (2013). ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN OBJEK WISATA DI D.I. YOGYAKARTA. In Jurnal Khasanah Ilmu (Issue 1).

​Setiawati, R., & Aji, P. S. T. (2020). IMPLEMENTASI SAPTA PESONA SEBAGAI UPAYA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA PADA WISATAWAN DI DESA WISATA PENTINGSARI. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 2(2). https://doi.org/10.7454/jabt.v2i2.98

​Silooy, R., Haryono, H., & Imamah, N. (2020). DAMPAK PENGEMBANGAN DESA WISATA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DESA WISATA (Studi Pada Desa Pujonkidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang). Bharanomics, 1(1), 38–42. https://doi.org/10.46821/bharanomicss.v1i1.15

​Tresnawati, Y., Prasetyo, K., Mercu, U., & Jakarta, B. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. 1(1), 43–57.

​Tsurayya Mumtaz, A., Karmilah -, M., Wisata di Desa Wisata, D., Karmilah, M., Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, P., & Islam Sultan Agung, U. (2021). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. In Jurnal Kajian Ruang (Vol. 1). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kr

​Yanti, D., Pehotelan, J., Medan, P., Rumah, J., Haji, S., & 12 Medan, N. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Di Danau Toba. Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11, 2655–5433. https://doi.org/10.31294/khi.v11i1.7607

​ ​







Artikel daring:



Annur, C, M. (2023). 15 Media Sosial Terpopuler Dunia Juli 2023, Facebook Kokoh Dipuncak. Diakses pada 16 November 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/30/media-sosial-sumber-informasi-utama-masyarakat-indonesia.

Annur, C, M. (2023). Media Sosial, Sumber Infrmasi Utama Masyarakat Indonesia. Diakses pada 16 November 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/30/media-sosial-sumber-informasi-utama-masyarakat-indonesia.

Desa Wisata Nglanggeran. Objek Wisata desa Nglanggeran. Diakses pada 15 November 2023, dari https://desawisatanglanggeran.com/#.

Kemenparekraf. (2020). Anugerah Desa Wisata Indonesia. Diakses pada 15 November 2023, dari https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Anugerah-Desa-Wisata-Indonesia.



Artikel di Jurnal:



Darmayanti, P. W., Oka, I. M. D., & Hidayana, F. F. (2023). PERAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI KABUPATEN TABANAN. Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata, 3(2), 21-29.

Febriyantoro, M. T. and Arisandi, D. (2018) Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean, JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), pp. 61–76. doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.

Harini, C., Wulan, H. S., & Agustina, F. (2022). Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Menggunakan Digital Marketing Pada Umkm Kota Semarang. Jurnal Manajemen Dayasaing, 23(2), 90-96.

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2021). Digitalisasi wisata di desa wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1).

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro kecil dan menengah bisnis kuliner. Journal of New Media and Communication, 1(1), 43-57.

Yanti, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Di Danau Toba. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(1), 16-26.

Hidayah, H. N., Wijayanti, A. T., Pd, S., & Pd, M. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA NGLANGGERAN BERBASIS COMMUNITY BASED TOURISM (CBT) PADA MASA PANDEMI NGLANGGERAN TOURISM VILLAGE DEVELOPMENT STRATEGY COMMUNITY BASED TOURISM (CBT) DURING PANDEMIC.

Fauzan, S., Shirleen, T., Zulaikha, A., Az, T., Khadijah, Z., Fahmisyah, W., & Malang, U. N. (2021). Pendampingan Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang (Vol. 2, Issue 3).

Arkandito, G. F., Maryani, E., Rahmawan, D., & Wirakusumah, T. K. (2016). JURNAL MANAJEMEN KOMUNIKASI KOMUNIKASI VERBAL PADA ANGGOTA KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK INDIGO VERBAL COMMUNICATION IN FAMILY MEMBERS WITH INDIGO CHILDREN (Vol. 1). http://www.mediametafisika.com/2013/06/hal-yang-menarik-dari-anak-indigo.html

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles