Logo Jebdeker

Penerapan Social Media Marketing 4C (Context, Communication, Collaboration, Connection) pada Rumah Cantik Khezia

Authors

  • Aqilah Azmi

  • Agnes Irene Silitonga

    Universitas Negeri Medan
  • Haryadi Haryadi

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i2.257

Keywords:

Social media marketing, context, communication, collaboration, connection

Abstract

Social media telah berkembang dari sekadar wadah interaksi sosial menjadi alat penting dalam pola konsumsi, baik dari perspektif penjual maupun pembeli, serta berperan sebagai alat promosi yang menguntungkan, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Rumah Cantik Khezia di Binjai adalah contoh UMKM yang telah menerapkan pemasaran digital melalui platform Instagram dan Whatsapp. Namun, strategi yang mereka gunakan memiliki kelemahan seperti minimnya aktivitas, kurangnya informasi kepada pelanggan, dan kualitas konten yang kurang optimal. Meskipun Rumah Cantik Khezia telah berdiri sejak tahun 2020 dan melakukan pemasaran digital, namun pemanfaatan digital marketing masih belum optimal karena kurangnya pemahaman tentang implementasinya sehingga perusahaan masih kurang dikenal oleh banyak orang. Solusi yang dirancang adalah implementasi strategi pemasaran media sosial 4C (context, communication, collaboration, connection) berbasis Instagram dan Whatsapp untuk meningkatkan citra merek dan pertumbuhan jumlah pelanggan. Strategi ini efektif dalam membentuk identitas merek yang kuat, meningkatkan jumlah pengikut di platform sosial media, serta memperluas pangsa pasar. Dengan menerapkan strategi ini, Rumah Cantik Khezia dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mencapai pertumbuhan bisnis yang signifikan.

References

Phillips, K. W. (2023). Ultimate Guide to Instagram for Business (Entrepreneur Ultimate Guide). Entrepreneur Press.
Dave Chaffey. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. (England: Pearson Education Limited).
Keller, & Kotler. (2016). Marketing Management. Fifteen Edition. England: pearson education.
Solis, B. (2010). The Complete Guide for Brands and Bussines to Build, Cultivate and Measure Succes in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sonc, Inc.
Dwiantari, S., & Slahanti, M. (2022). Media Sosial Whatsapp Bisnis Media Promosi Guna Meningkatkan Penjualan Bakmi Jowo Denbagus. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3.
Hanindhaputri, A. M., & Putra, M. A. I. K. (2019). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand (The Role of Influencer in Strategies to Increase Promotion of a Brand). Jurnal Nasional Sandyakala.
Kurniawan, F., Srigati, B., Rahmayanti, D. R., Studi, P., Komunikasi, I., & Yogyakarta, U. R. (2022). Strategi Pemanfaatan Intagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Pada Akun Instagram @ENOWCUSTOM. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 27–37. https://massive.respati.ac.id
Putri, R. V., & Gartanti, T. W. (2021). Program Giveaway sebagai Strategi MPR Adeeva Skincare dalam Memasarkan Produk melalui Instagram. Prosiding Hubungan Masyarakat, 7. https://doi.org/10.29313/.v7i1.26577
Qayyumi, U. P. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media (Instagram, Tiktok Dan youtube) Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Bittersweet by Najla (Instagram, Tiktok dan Youtube) At Yogyakarta.
Situmorang, S. H., Mulyono, H., Tawila, L., Peran, B. /, Manfaat, D., Media, S., Bagi, M., & Kecil, U. (2018). 77.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles