Logo Jebdeker

Pengaruh Program MSIB terhadap Kesiapan Karir Mahasiswa Bisnis Digital Universitas Pendidikan Indonesia

Authors

  • Jian Florence Genara Simanjuntak

    a:1:{s:5:"en_US";s:3:"UPI";}
  • Muji

  • Ramzan Adillah

  • Wulan Yuniar Rahmawati

  • Syti Sarah Maesaroh

DOI:

https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i2.262

Keywords:

program MSIB, kesiapan karir, mahasiswa bisnis digital, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan kausalitas antara program MSIB dan kesiapan kerja mahasiswa Bisnis Digital di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), terutama dalam menghadapi tantangan industri digital yang kompetitif. Dalam konteks perubahan cepat dan kompleksitas industri digital, penting untuk memahami sejauh mana program pendidikan seperti MSIB dapat mempersiapkan mahasiswa untuk berhasil di dunia kerja. Pendekatan kuantitatif dengan teknik quota sampling digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data yang representatif dari subjek penelitian, yaitu mahasiswa Bisnis Digital UPI angkatan 2019-2021 yang terlibat atau telah menyelesaikan program MSIB. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel independen, seperti kualitas pengalaman MSIB, efikasi diri, soft skill, dan kesesuaian jurusan, memiliki pengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Temuan ini menyoroti pentingnya aspek-aspek tersebut dalam membentuk kesiapan kerja mahasiswa Bisnis Digital, yang tidak hanya mencakup pengetahuan dan keterampilan teknis, tetapi juga kemampuan interpersonal, kepercayaan diri, dan kesesuaian dengan bidang studi yang dipilih. Analisis ini memberikan landasan yang kuat untuk pengambilan
keputusan kebijakan di masa depan terkait dengan program studi Bisnis Digital di UPI. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja mahasiswa, lembaga pendidikan dapat mengadaptasi kurikulum dan strategi pengajaran untuk lebih efektif mempersiapkan mahasiswa menghadapi tuntutan industri yang berkelanjutan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan persiapan mahasiswa dengan memperhatikan temuan dari penelitian ini dan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran yang lebih relevan dan responsif terhadap kebutuhan pasar kerja digital yang terus berkembang.

References

Anggini, I. D. (2023). Program Kampus Merdeka: Wadah Mahasiswa Berkreasi, Berinovasi, dan Berprestasi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 39-42.

Arsyad Sumantika, &. S. (2021). Peningkatan Hard Skills dan Soft Skills pada Lingkup Organisasi. Jurnal Abdidas, 2(6), 1449-1455. doi:https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.507

Bimawa., G. P. (2022, Juli 2). Strategi Mengembangkan Kesiapan Karir Bagi Mahasiswa. Biro Kemahasiswaan dan Alumni. From https://bimawa.uad.ac.id/2022/07/02/strategi-mengembangkan-kesiapan-karir-bagi-mahasiswa/#:~:text=Kesiapan%20karier%20merupakan%20pencapaian%20dan,yang%20sukses%20menuju%20dunia%20kerja.

Dacre Pool L, S. P. (2007). The Key to Employability: Developing a Practical Model of Graduate Employability. Education+Training, 49(4), 277-89.

Djaelani, H. &. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Paradigma, Teknik, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Firdaus, Z. Z. (2012). Pengaruh Unit Produksi Prakerin dan Dukungan Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 397-409.

Ghozali, I. (2016). Metode Penelitian Statistik (Cetakan Ke-5). Penerbit Pustaka Pelajar.

Gohae, A. S. (2020). PENGALAMAN MAGANG, MINAT KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(3), 1954-1964. doi: https://doi.org/10.31955/mea.v4i3.748
Hair, J. F. (2019). Multivariate data analysis (8th Edition). Cengage Learning.

Kementerian Pendidikan, B. R. (2021). Informasi Umum MSIB. From Pusat Informasi Kampus Merdeka: https://pusatinformasi.mitrakm.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/4414636620185-Tentang-Program-MSIB

Listria. (2022). PENGARUH PROGRAM MAGANG TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA. Jakarta. From https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61623/1/11180182000023_LISTRIIA.pdf

Shinta Permata Sari, B. W. (2021). Analisis Dampak Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dalam Peningkatan Keterampilan dan Keahlian Lulusan Program Studi Akuntansi (Magang pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk.). Seminar Nasional dan Call of Paper : Impelmentasi Dampak MBKM.

Sugiyono, S. (2015). Statistika Untuk Penelitian (Cetakan ke-5). Penerbit Alfabeta.

Susilo, A. &. (2019). Peran Soft Skill dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta, 7(1), 1-10.

Syafitri, D. R. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Magang Terhadap Motivasi dan Kinerja Mahasiswa. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(6), 179-182.

Syifa Az Zahra, M. H. (2023). BISNIS DIGITAL (E-BUSINESS). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(9), 122-132.

Wahyu Primayasa, I. A. (2020). Pengaruh Salah Pilih Jurusan Terhadap Rasa Putus Asa Mahasiswa Teknik Informatika. Nathiqiyyah, 3(1), 22-26. doi:https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i1.76

Wijikapindho, R. A. (2021). Hubungan antara self-efficacy dengan kesiapan kerja pada mahasiswa semester akhir. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1313-1318.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles