Analisis Kinerja Pegawai Layanan Administrasi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat (Di Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat)
indonesia
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i2.281Keywords:
Kinerja Pegawai, Layanan Administrasi, Kepercayaan MasyarakatAbstract
Penelitian ini berjudul "Analisis Kinerja Pegawai Layanan Administrasi untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat." Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja pegawai layanan administrasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai dalam penerbitan e-KTP, mengevaluasi persepsi masyarakat terhadap kualitas layanan administrasi kependudukan, dan mengidentifikasi upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan administrasi di Kecamatan Cililin, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam dengan lima informan, yaitu Camat Kecamatan Cililin, Pegawai E-KTP, Kasi Pelayanan, dan dua orang warga sebagai sampel masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai layanan administrasi di Kecamatan Cililin secara umum dinilai baik oleh masyarakat. Indikator kinerja seperti kecepatan layanan, ketepatan dalam pemrosesan dokumen, dan responsivitas terhadap keluhan masyarakat menunjukkan hasil yang memuaskan Kesimpulannya, kinerja pegawai layanan administrasi di Kecamatan Cililin telah berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat, namun terdapat beberapa area yang masih memerlukan perbaikan lebih lanjut. Rekomendasi untuk peningkatan lebih lanjut mencakup pelatihan berkelanjutan bagi pegawai, peningkatan fasilitas layanan, dan peningkatan komunikasi dengan masyarakat.
References
doni, Prasetyo;. (2020). Memahami Masyarakat dan Perspektifnya. Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu soaial, 1.
faradiba, nadia;. (2022). Sumber daya alam : pengertian,jenis,manfaat, dan contohnya. kompas.com, 1.
Fauziyah, Rosyda Nur;. (2022, februari 22). Cash Flow: Pengertian, Jenis, dan Metode. Gramedia.com, p. 1.
hartinah;. (2018). KONSEP DASAR/PENGERTIAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MENURUT PERSPEKTIF RENTANG HIDUP, PRINSIP, PERIODISASI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MENURUT PERSPEKTIF RENTANG HIDUP DAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MENURUT PERSPEKTIF RENTANG HIDUP. file.upi.edu, 3.
materi, admin;. (2024, february 08). Pengertian Perkembangan Ekonomi dan Faktor-Faktor Terlengkap. perkembangan ekonomi, p. 1.
rafiq;. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA. JIP jurnal inovasi penelitian, 2.
Riadi, Muchlisin;. (2023, September 23). Pendapatan (Revenue) - Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Pengukuran. Kajianpustaka.com, hal. 1.
Rizki, M Aziz;. (2020). potensi kreatif dan pengukurannya dari persepektif psikolog. jurnal.lain-bone.ac.id, 1.
seviana, poppy amelia;. (2024, maret 20). Kinerja Karyawan: Definisi, Jenis, Faktor, Indikator Kinerja Pegawai. performance managemen, p. 2.
Shaleh M.Si, Dr Mahadin;. (2019). komitmen organisasi dalam kinerja pegawai. makasar: Aksara-Timur.or.id.
supriadi;. (2021). Analisis Komparatif Sektor Ekonomi Unggulan Kabupaten Agam Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. KTTA thesis, Politeknik Keuangan Negara STAN. eprints,pknstan.ac.id, 21.
Sutanjar, Tatan ;. (2019). PENGARUH MOTIVASI, KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN PEGAWAI . journal of management review, 4.
Tuerah, Febriany
Feibe Rosaline;. (2019). ANALISIS KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DAN ADMINISTRASI TERHADAP . jurnal emba, 5.
webbster, meriam;. (2023, juli 31). Laporan Keuangan Proforma: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya. kledo.com, p. 1.