Manajemen Pengetahuan dalam Institusi Perguruan Tinggi (Studi Kasus pada 2 PTS di Surakarta)
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v4i2.315Keywords:
Manajemen Pengetahuan, Perguruan TinggiAbstract
Pengetahuan merupakan sumber daya esensial untuk keberhasilan produksi dan organisasi dalam ekonomi berbasis pengetahuan. Pengetahuan tidak hanya berupa informasi, tetapi juga mencakup perspektif, konsep, penilaian, dan metodologi yang membentuk nilai dari informasi tersebut. Manajemen Pengetahuan telah menjadi fungsi penting dalam organisasi modern, termasuk perguruan tinggi. Perguruan tinggi berperan dalam penciptaan, diseminasi, dan pembelajaran pengetahuan, yang membuat penerapan Manajemen Pengetahuan di sektor ini sangat krusial. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam tentang perbedaan pendekatan siklus hidup manajemen pengetahuan pada 2 perguruan tinggi. Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan mampu memperkaya literatur tentang Manajemen Pengetahuan di sektor pendidikan tinggi. Secara praktis, penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan institusi melalui praktik Manajemen Pengetahuan yang efektif.