Analisis Biaya Pemasaran pada Prototype Sereal Analog Desa Guwosari dengan Pendekatan Marketing Mix 4P
DOI:
https://doi.org/10.56456/jebdeker.v2i1.88Keywords:
Analisis SWOT, Pembebanan Biaya, Analisis Cost Volume ProfitAbstract
Prototyping Sereal Analog Desa Guwosari dalam mengembangkan produknya menggunakan strategi Marketing Mix 4P dengan dasar kualitas, harga, promosi, dan pasarnya sesuai dengan permintaan konsumen. Salah satu aspek penting dalam mengembangkan produk yaitu analisis biaya, karena tidak sedikit perusahaan mengalami gulung tikar sebab tidak memperhatikan analisis biayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode analisis biaya pemasaran dalam menilai kinerja dan mengetahui metode pembebanan biaya yang harus dikeluarkan pada setiap elemen Marketing Mix 4P. Metode yang digunakan adalah metode analisis kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT, metode pembebanan biaya, dan analisis Cost Volume Provit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara langsung dengan sekelompok pengembang. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa target penjualan adalah ukuran kinerja pemasaran sereal analog. Dalam pembebanan biayanya pada elemen product dan price biaya ditelusuri menggunakan direct cost, pada elemen distribusi menggunakan driver cost, sedangkan pada elemen promosi menggunakan allocation. Berdasarkan analisis cost volume profit titik impas sereal analog harus memproduksi atau menjual sebanyak 441 pcs.